Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IDE by Business Bantu Berdayakan 30.000 Pelaku UMKM

Kompas.com - 08/11/2023, 17:16 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Indosat Ooredoo Hutchison melalui lewat ekosistem digital Indosat Digital Ecosystem (IDE) by Business membantu memberdayakan lebih 30.000 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia.

Ekosistem digital IDE menyediakan layanan berupa konten-konten edukasi, data penunjang bisnis, dan wadah untuk menemukan solusi masalah yang dihadapi oleh pelaku UMKM.

Director and Chief Business Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Muhammad Buldansyah dan Vice President Building IDE for Small Medium Bussiness, Hadi Wijayamengatakan, Indonesia memiliki jumlah pelaku UMKM yang besar yakni sekitar 64 juta unit. Danny menyebutkan, Indosat Ooredoo Hutchison berkomitmen untuk memberdayakan UMKM lewat IDE by Business.

Baca juga: Gandeng UMKM, Indosat Gelar Pasar Ramadhan di 16 Daerah

“Di IDE kita punya fitur-fitur seperti IDE Academy, Wawasan IDE, dan Toko IDE untuk mendukung transformasi digital UMKM,” ujar Danny dalam bincang media di Jakarta, Rabu (8/11/2023) siang.

Vice President Building IDE for Small Medium Bussiness, Hadi Wijaya mengatakan, jumlah 30.000 pelaku UMKM tersebut merupakan akumulasi selama IDE by Business hadir selama setahun. Ia menambahkan, jumlah pelaku UMKM yang mendapatkan manfaat program-program dari IDE by Business secara online maupun offline berasal dari Jakarta, Semarang, Surabaya.

“Tiga besar UMKM di IDE itu ada di sektor Food and Beverage, retail seperti warung-warung, dan otomotif. Sebanyak 30.000 UMKM itu kurang lebih di skala mikro dan emerging,” tambah Hadi.

Director and Chief Business Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Muhammad Buldansyah (kiri bawah) dan Vice President Building IDE for Small Medium Bussiness, Hadi Wijaya (belakang) menjelaskan soal program pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Indosat Digital Ecosystem kepada wartawan di Jakarta pada Rabu (8/11/2023).KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJO Director and Chief Business Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Muhammad Buldansyah (kiri bawah) dan Vice President Building IDE for Small Medium Bussiness, Hadi Wijaya (belakang) menjelaskan soal program pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Indosat Digital Ecosystem kepada wartawan di Jakarta pada Rabu (8/11/2023).

Lewat fitur IDE Academy, pelaku UMKM banyak mengakses modul bisnis terkait fundamental marketing, digital marketing, dan marketing strategy. Menurut Hadi, pengetahuan digital marketing pelaku UMKM khususnya mikro masih sangat terbatas.

“UMKM kami ada 30.000 yang aktif. Fitur yang paling banyak diakses itu IDE Academy,” ujar Hadi.

Baca juga: 7 Manfaat Mengikuti Pameran bagi Pelaku UMKM

Hadi menjelaskan, IDE by Business menghadirkan IDE Academy untuk membantu meningkatkan pengetahuan bisnis para pelaku UMKM. Hadi menyebutkan, IDE by Business bekerjasama dengan para pakar-pakar bisnis dan industri untuk membuat video edukasi.

“Kami buatkan video dari narasumber seperti founder perusahaan soal materi bisnis, modal dan pengembangan bisnis lain. Videonya tak ada di Youtube. Hanya ada di IDE,” tambah Hadi.

Hadi mengatakan, pihaknya akan memperluas jangkauan untuk memberdayakan pelaku UMKM. Tahun 2024, IDE by Business ingin menyasar wilayah Sulawesi dan Kalimantan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com