Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng UMKM, Indosat Gelar Pasar Ramadhan di 16 Daerah

Kompas.com - 02/04/2023, 11:00 WIB
Nugraha Perdana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Salah satu operator telekomunikasi seluler, Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) menggandeng ratusan pelaku UMKM makanan dan minuman dengan menggelar Pasar Ramadhan. Kegiatan tersebut dilaksanakan di 16 kota/ kabupaten, Indonesia.

VP-Head Of Commercial Operation Indosat Ooredoo Hutchison, Micha Heru mengatakan, Pasar Ramadhan digelar untuk mengajak masyarakat kembali menjalankan keseruan tradisi dan momen silaturahmi lebih maksimal setelah pandemi Covid-19 beberapa tahun lalu.

"Seperti diketahui pandemi selama beberapa tahun lalu membuat adanya kegiatan berkumpul masyarakat terbatas, kami ingin tradisi silaturahmi menjadi momen bersama keluarga, teman dan lainnya bisa kembali dilakukan," kata Micha pada Sabtu (1/4/2023) saat ditemui di Kota Malang, Jawa Timur.

Baca juga: Trik Pemasaran Bisnis Kuliner saat Ramadhan, Bikin Konsumen jadi Melirik

Pasar Ramadhan tersebar di 16 titik yaitu Bekasi, Cibinong, Tangerang Selatan, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surakarta, Sidoarjo, Jember, Lombok, Medan, Jambi, Makassar, Parepare, Pagutan, dan Banjarmasin.

Kegiatan tersebut dilaksanakan sejak Maret hingga April ini. Setiap daerah terdapat puluhan stan UMKM yang menjual makanan dan minuman. Di beberapa daerah, pengunjung yang datang bisa menikmati penampilan musisi sambil berburu kuliner untuk buka puasa.

"Di Kabupaten Sidoarjo itu di Mal Suncity, di Kota Semarang berada di sekitar Alun-alun Masjid Agung, di Medan di halaman Plaza Medan Fair, di Bandung sekitar Ciwalk. Waktunya memang semua dari Maret sampai April pertengahan. Kalau semua daerah total ratusan UMKM yang ikut," katanya.

Micha mengatakan, antusias masyarakat yang datang ke Pasar Ramadhan cukup tinggi berdasarkan laporan dari pimpinan IOH di berbagai wilayah. Dia berharap, ramadhan tahun ini menjadi momen para pelaku UMKM mendapatkan penghasilan yang tinggi.

Baca juga: 5 Cara Membangun Kepercayaan Pelanggan dalam Berbisnis

"Kami ingin UMKM terus bangkit. Keberkahan di bulan ramadhan kali ini semoga bisa dirasakan semua kalangan, tidak hanya pengguna IOH, semua boleh masuk. Beberapa hari lalu saya ke Pasar Ramadhan yang ada di Sidoarjo, itu cukup ramai yang datang. Kami ada penampilan musisi seperti Rendy Pandugo," katanya.

Menurutnya, Pasar Ramadhan menjadi tempat yang cocok untuk ngabuburit. Berbagai makanan ringan seperti di Pasar Ramadhan Semarang dijual, ada Lumpia, Sate Taichan, Tahu Walik dan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com