Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Geliatkan UMKM, Pemprov Bangka Belitung Kembangkan Pasar Mambo

Kompas.com - 26/12/2023, 15:00 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

PANGKALPINANG, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan mengembangkan Pasar Mambo di Kota Pangkalpinang sebagai pusat wisata kuliner halal, aman, dan sehat.

Pasar Mambo nantinya diharapkan bisa mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di Kota Beribu Senyuman itu.

"Saat ini 75 persen UMKM kuliner di Pasar Mambo ini sudah memiliki sertifikasi halal dan tahun depan harus 100 persen," kata Penjabat Gubernur Kepulauan Babel, Safrizal ZA di Pangkalpinang, Selasa seperti dilansir dari Antara.

Ia mengatakan dalam pengembangan Pasar Mambo sebagai pusat wisata kuliner ini, Pemprov Kepulauan Babel bekerja sama dengan perbankan untuk melakukan pembinaan kepada pelaku UMKM di pasar ini.

"Kami akan membina dan membangun fasilitas pembiayaan dan pendukungnya, agar Pasar Mambo ini lebih menarik untuk dikunjungi wisatawan domestik dan manca negara," katanya.

Baca juga: Tingkatkan Kapasitas Pelaku UMKM, KemenKopUKM Gelar Pelatihan di Bangka Belitung

Menurut Safrizal, pihak perbankan seperti Bank Sumsel Babel akan memasang spanduk berukuran besar di pintu masuk pasar ini dan memberikan fasilitas pembiayaan kepada pelaku UMKM untuk dapat mempercantik tempat usahanya.

Pj Wali Kota Pangkalpinang, Lusje Anneke Tabalujan mengatakan siap membina para UMKM di Pasar Mambo guna mewujudkan pusat wisata kuliner halal di ibu kota provinsi tersebut.

"Pembinaan UMKM ini sudah difasilitasi pemerintah provinsi dan kami hanya menerima manfaat saja, namun demikian, pemkot akan melakukan pembinaan kepada UMKM di Pasar Mambo ini, agar pasar ini menjadi lebih indah, bersih dan tertata rapi," kata Lusje.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com