Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DPMPTSP Kota Bengkulu Terbitkan 1.903 Izin Usaha dan 5.825 NIB Sepanjang Tahun 2023

Kompas.com - 04/01/2024, 16:54 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

 BENGKULU, KOMPAS.com - Penanaman Modal dan Perizinan Satu Pintu (DPMPTSP) Bengkulu mencatat, sejak Januari hingga Desember 2023, pihaknya telah menerbitkan 1.903 perizinan melalui Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Perkantoran (Sippadek).

Selain itu, DPMPTSP Kota Bengkulu juga telah menerbitkan 5.825 Nomor Induk Berusaha (NIB) yang didominasi dari kalangan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) melalui aplikasi OSS RBA.

"Penerapan teknologi melalui Sippadek dan OSS RBA membantu percepatan proses perizinan dan penanaman modal di Kota Bengkulu," kata Kepala DPMPTSP Kota Bengkulu Irsan Setiawan di Bengkulu, Kamis seperti dilansir dari Antara.

Ia mengatakan, dengan capaian tersebut, menunjukkan efisiensi dan efektivitas pelayanan di DPMPTSP untuk masyarakat Kota Bengkulu.

Untuk perizinan yang diterbitkan tersebut mencakup berbagai sektor usaha yang dijalankan oleh masyarakat Kota Bengkulu dan menandakan perkembangan ekonomi yang beragam di wilayah tersebut.

"Dengan adanya fasilitas perizinan ini, kami berharap semakin banyak investor yang tertarik untuk menanamkan modalnya di Kota Bengkulu," katanya.

Menurut Irsan, dengan capaian tersebut, membantu pemerintah untuk menciptakan iklim investasi yang kondusif dan mendukung pertumbuhan ekonomi daerah.

Baca juga: Punya Cita Rasa Unik, Kopi asal Bengkulu Sangat Digemari Orang Malaysia

Sehingga, DPMPTSP terus meningkatkan kualitas layanan perizinan guna mendukung pertumbuhan dan diversifikasi sektor usaha di Kota Bengkulu.

Sementara itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu memberikan sejumlah kemudahan pemberian izin usaha bagi investor guna meningkatkan realisasi investasi di wilayah tersebut.

Berdasarkan data realisasi investasi di Kota Bengkulu pada triwulan ke III mencapai Rp1,99 triliun dari target yang ditetapkan sebesar Rp2 triliun.

"Berdasarkan verifikasi serta hasil rilis dari BKPM pada 20 Oktober investasi yang masuk di Kota Bengkulu sudah di angka Rp1,99 triliun sehingga diharapkan dan optimistis pada triwulan keempat target yang diberikan sebesar Rp2 triliun dapat tercapai," kata Irsan.

Untuk sektor penyumbang investasi tertinggi di Kota Bengkulu yaitu berasal dari perdagangan dan reparasi yang mencapai Rp1 triliun dan dari sektor transportasi, gudang, telekomunikasi, industri mineral non logam, industri kayu, konstruksi dan investasi lainnya sepanjang 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com