Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

40 Pelaku UMKM di Serang Dibekali Ilmu Pemasaran Digital dan Ekspor

Kompas.com - 31/01/2024, 13:38 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

SERANG, KOMPAS.com - Sebanyak 40 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan Pusat Inkubator Wirausaha & Klinik UMKM (PIWKU) Banten dibekali ilmu pemasaran digital dan persiapan ekspor pada Selasa (30/1/2024).

Pembekalan untuk pelaku UMKM dilaksanakan dengan acara Business Development Service (BDS) bertema "Pemasaran Digital UMKM Siap Ekspor”.

Kepala Kanwil DJP Banten, Cucu Supriatna mengatakan, UMKM memiliki peran yang sangat penting bagi perekonomian karena mampu menyerap tenaga kerja dan mengurangi angka pengangguran.

"Dari 269 juta jiwa penduduk Indonesia, sebanyak 175,4 juta telah menggunakan internet, tentunya tidak heran apabila digital marketing ini berkembang pesat di negara kita," kata Cucu seperti dilansir dari Antara.

Saat ini jumlah pelaku UMKM lebih dari 64 juta dengan kontribusi terhadap pendapatan Domestik Bruto sebesar 61 persen.

Baca juga: OJK Imbau Pelaku UMKM Waspadai Investasi dan Pinjol Ilegal

Cucu berharap dengan kegiatan BDS ini UMKM semakin maju, berkembang, dan tentunya naik kelas, serta berorientasi ekspor sehingga menjadikan UMKM sebagai pahlawan devisa dan APBN bagi bangsa dan negara.

"UMKM harus tetap eksis dan berkembang," ujar. Cucu.

Sementara itu, Kepala KPP Pratama Cilegon, Triyani Yuningsih menyampaikan BDS adalah wujud nyata kepedulian dari Direktorat Jenderal Pajak (DJP) pada pengembangan UMKM.

"Di sisi lain ada harapan, BDS meningkatkan kesadaran dan kepatuhan pajak bagi UMKM dan seluruh masyarakat," kata Triyani.

Triyani juga mengajak semua pihak mendukung KPP Pratama Cilegon untuk meraih predikat ZI-WBBM (Zona Integritas Menuju Wilayah Birokrasi Bersih

dan Melayani) tahun 2024.

"Karena KPP telah berupaya dan senantiasa berbenah, meningkatkan kualitas pelayanan kepada seluruh pemangku kepentingan," katanya.

Kegiatan BDS dimeriahkan dengan bazaar UMKM, pelatihan pemasaran produk secara digital dan pembekalan kepada 40 UMKM binaan PIWKU Banten agar siap melakukan ekspor.

BDS diikuti oleh 40 UMKM binaan PIWKU Banten, yang sebagian besar adalah anggota Galeri yang UMKM KPP Pratama Cilegon.

Adapun galeri UMKM sendiri telah berjalan sejak Desember 2021, tidak hanya memajang tapi juga menjual produk UMKM yang metode pembayaran mandiri dengan menggunakan Qris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com