Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dorong Pengembangan UMKM, Pemprov Banten Resmikan Pusat Layanan Usaha Terpadu

Kompas.com - 02/02/2024, 19:30 WIB
Bestari Kumala Dewi

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Pengembangan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) terus dilakukan, termasuk oleh Pemerintah Provinsi Banten, dengan diresmikannya Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT).

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Banten Agus Mintono mengatakan, gedung baru PLUT ini bertujuan memberikan layanan kepada para pelaku koperasi dan UMKM.

Pelayanan yang diberikan merupakan upaya pengembangan para pelaku usaha dari sisi wawasan, perizinan, dan pengetahuan, serta pemberian sertifikat Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) berupa Hak Merek.

Baca juga: 1.000 UMKM di Indonesia Nikmati Manfaat Pembiayaan yang Disediakan Beberapa Badan PBB

“Tentunya kita di sini menghadirkan para konsultan, yang bersedia memberikan konsultasi bagi para pelaku usaha dari segi mana pun itu. Baik mengenai proses produksi, pengemasan ataupun pemasaran,” kata Agus di Serang, seperti dikutip dari Antara, Jumat (2/2/2024).

Ia menyebutkan, sesuai dengan arahan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) Republik Indonesia, gedung PLUT ini merupakan Gedung PLUT model terbaru.

“Pembangunan PLUT tersebut bertujuan memfasilitasi para pelaku UMKM dan Koperasi, gedung ini dilengkapi dengan sarana dan pra sarana terbaru seperti ruang podcast, ruang foto produk dan ruang galeri produk,” papar Agus.

“Tentu dengan adanya pelatihan seperti pelatihan kasir, marketing dan akses permodalan, kegiatan itu juga didukung sarana yang sesuai dengan kebutuhan zaman sekarang,” ujarnya lebih lanjut.

Dengan adanya sarana dan pra sarana yang melayani para pelaku usaha, Agus berharap upaya ini mampu memberikan pelayanan bagi para pelaku usaha untuk terus melakukan perkembangan di setiap proses produksi dan pemasarannya.

“Makin banyak pelaku UMKM yang terlayani dan terfasilitasi, maka semakin luas tindakan yang dilakukan para pelaku usaha,” kata Agus Mintono.

Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar dalam sambutannya saat meresmikan Gedung PLUT mengatakan, dengan peresmian gedung PLUT diharapkan menjadi sarana dan pra sarana bagi para pelaku ekonomi kreatif, sehingga Provinsi Banten memiliki produk lokal yang siap untuk dipasarkan di manca negara.

“Ke depan bisa kita gunakan sebagai daya dukung kesejahteraan masyarakat. Selain memberikan pengawasan, pelatihan kita fokus pada pemberian sertifikat kepemilikan yang tentu telah dilindungi secara hukum,” ucap Al Muktabar.

Baca juga: BUMN Bantu Promosi dan Penjualan Produk UMKM Lewat Vending Machine

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com