Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 3 Cara Membangun Kedekatan Emosional dengan Konsumen

Kompas.com - 25/04/2024, 19:05 WIB
Alfiana Rosyidah,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Salah satu trik marketing yang dikenal dalam dunia bisnis adalah membangun kedekatan dengan konsumen. Melalui kedekatan ini, pemilik bisnis dapat menceritakan awal mula bisnisnya hingga mengenalkan produk-produk terbaru secara lebih mudah. 

Untuk mencapai kedekatan dengan konsumen, kamu dapat menggunakan pendekatan secara emosional. Cara ini akan mudah membuat konsumen untuk memutuskan sesuatu secara emosional, termasuk dalam membeli produk dari suatu bisnis. 

Pendekatan emosional ini juga akan membawa dampak positif bagi kamu, yaitu meningkatkan keuntungan dan penjualan.

Untuk mengetahui caranya, kamu bisa menyimak artikel berikut ini. Kompas.com telah merangkumnya dari business.com.

Baca juga: 3 Sektor Industri Ini Buktikan Pentingnya Bangun Kedekatan dengan Customer

1. Bersikap Empati

Penerapan empati bisa dilakukan dengan cara memahami keadaan konsumen ketika sedang menghadapi masalah dengan produkmu. Cara ini bisa dilakukan secara langsung ketika bertemu dengan konsumen atau melalui dunia maya seperti media sosial. 

Untuk membantu konsumen menghadapi masalah, kamu bisa menanyakan secara to the point soal apa yang dibutuhkan atau masalah yang sedang dihadapi. Kemudian, kamu bisa memberikan solusi atas permasalahan tersebut. 

2. Tunjukkan Kepedulian dengan Isu Sekitar

Masyarakat di sekitar tentu memiliki permasalahan yang sedang dialami dan membuat orang-orang bersikap empati. Untuk membangun kedekatan emosional, kamu bisa menunjukkan kepedulian terhadap isu-isu tersebut.

Baca juga: 5 Tips Menumbuhkan Loyalitas Merek dengan Pendekatan Customer Centric

Misalnya saat ada bencana di suatu daerah. Bisnismu bisa menunjukkan sikap empati atau mengirimkan donasi ke daerah tersebut. Hal ini juga berlaku ketika ada isu-isu lain di tengah masyarakat.

3. Bergabung dengan Suatu Komunitas

Untuk membangun kedekatan emosional, kamu bisa bergabung dengan suatu komunitas bisnis atau komunitas lain yang kamu sukai. Melalui komunitas, kamu bisa berbagi cerita soal bisnismu dan bisa mengajarkan skill yang telah kamu punya pada orang lain. 

Di sisi lain, bergabung dengan komunitas bisa membantu kamu untuk melakukan promosi. Kamu pun juga bisa bertemu dengan konsumen-konsumen lain yang tertarik dengan produkmu. Jika sering bertemu dengan anggota komunitas, kamu bisa membangun kedekatan secara lebih lanjut.

Baca juga: Owner TRICK&TRICKY Ungkap Pentingnya Membangun Kedekatan dengan Konsumen

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com