Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Networking? Penjelasan dan Manfaatnya Bagi Pebisnis

Kompas.com - 12/01/2022, 09:00 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam dunia bisnis termasuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), networking adalah poin penting untuk mengembangkan usaha. Dengan jaringan relasi yang terjalin dengan baik, usaha akan bisa berkembang.

Salah satu contoh yang paling dekat dengan networking adalah hubungan dengan rekan bisnis. Dalam jangka panjang, pebisnis dengan networking yang baik tentu akan memiliki keuntungan.

Lalu, apa sebenarnya networking itu? Apa yang dimaksud dengan networking?

Dikutip dari Lifepal, networking adalah jaringan yang terbentuk dari pertukaran informasi atau ide di antara rekan seprofesi atau minat khusus.

Biasanya networking terbentuk dalam lingkungan sosial informal, dan berawal dari satu kesamaan seperti memiliki hobi yang sama dan tergabung dalam satu komunitas.

Networking umumnya dipakai kalangan profesional untuk memperluas relasi. Biasanya untuk mencari peluang kerja, atau berbagi informasi dan tren di bidang yang disukai.

Sementara itu, bagi pemilik bisnis, membangun jaringan atau networking adalah untuk mengembangkan bisnisnya di masa depan. Koneksi ini membantu pebisnis membangun hubungan dan kepercayaan di antara komunitasnya.

Salah satu ciri networking bisnis yang sukses dengan eratnya komunikasi antara pebisnis. Mereka juga selalu bertukar informasi penting yang mungkin tidak didapat di luar jaringan bisnis tersebut.

Saat ini banyak cara yang bisa dipakai untuk mengembangkan jaringan secara profesional. Carayang bisa dipakai untuk mengembangkan networking yaitu bergabung dengan grup online dan berbagai informasi di dalamnya dengan profesi atau minat lain.

Dengan begitu, jaringan yang dibangun pun makin luas. Tak hanya terkotak dalam satu sektor atau bidang saja.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com