Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Networking? Penjelasan dan Manfaatnya Bagi Pebisnis

Kompas.com - 12/01/2022, 09:00 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam dunia bisnis termasuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), networking adalah poin penting untuk mengembangkan usaha. Dengan jaringan relasi yang terjalin dengan baik, usaha akan bisa berkembang.

Salah satu contoh yang paling dekat dengan networking adalah hubungan dengan rekan bisnis. Dalam jangka panjang, pebisnis dengan networking yang baik tentu akan memiliki keuntungan.

Lalu, apa sebenarnya networking itu? Apa yang dimaksud dengan networking?

Dikutip dari Lifepal, networking adalah jaringan yang terbentuk dari pertukaran informasi atau ide di antara rekan seprofesi atau minat khusus.

Biasanya networking terbentuk dalam lingkungan sosial informal, dan berawal dari satu kesamaan seperti memiliki hobi yang sama dan tergabung dalam satu komunitas.

Networking umumnya dipakai kalangan profesional untuk memperluas relasi. Biasanya untuk mencari peluang kerja, atau berbagi informasi dan tren di bidang yang disukai.

Sementara itu, bagi pemilik bisnis, membangun jaringan atau networking adalah untuk mengembangkan bisnisnya di masa depan. Koneksi ini membantu pebisnis membangun hubungan dan kepercayaan di antara komunitasnya.

Salah satu ciri networking bisnis yang sukses dengan eratnya komunikasi antara pebisnis. Mereka juga selalu bertukar informasi penting yang mungkin tidak didapat di luar jaringan bisnis tersebut.

Saat ini banyak cara yang bisa dipakai untuk mengembangkan jaringan secara profesional. Carayang bisa dipakai untuk mengembangkan networking yaitu bergabung dengan grup online dan berbagai informasi di dalamnya dengan profesi atau minat lain.

Dengan begitu, jaringan yang dibangun pun makin luas. Tak hanya terkotak dalam satu sektor atau bidang saja.

Manfaat networking

Saat ini, jaringan relasi bisa dibangun semakin luas dan tanpa batas. Banyak manfaat positif yang bisa kamu dapatkan dari membangun relasi ini.

Berikut manfaat dari networking

1. Kesempatan mendapat pekerjaan baru

Menjalin relasi dengan banyak profesi bisa menguntungkan kamu dalam hal karier. Dengan luasnya pergaulan, citra positif yang dibangun pun bisa dilihat oleh relasi atau rekan kerja.

Dari sinilah peluang untuk mendapat pekerjaan baru muncul. Selain informasi adanya lowongan yang sesuai dengan keahlianmu, lingkaran di sekitar kamu juga otomatis akan merekomendasikan sebagai kandidat yang tepat.

2. Saling membantu

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com