Cerita Rizky Ananda Bangun Bisnis Kecantikan, Mulai dari Distributor hingga Punya Pabrik

Kompas.com - 17/01/2022, 12:47 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Pasangan suami istri Rizky Ananda Musa dan Michael Simon terlihat berbincang serius dengan Bupati Kabupaten Bandung Barat (KBB), Hengky Kurniawan dan istrinya Sonya Fatmala.

Salah satu obrolan mereka adalah beberapa UMKM perempuan di KBB yang juga tertarik menggeluti produk kecantikan.

Tak berapa lama, mereka pun memasuki pabrik seluas 5.000 meter milik pasangan suami istri tersebut, yakni PT Skinsol Kosmetik Industri. Pabrik berstandar internasional yang sudah mengantongi berbagai ISO yakni 9001, 14001, 22716, 45001.

Baca juga: Tren Industri Kecantikan Naik, UMKM yang Berbisnis Skincare Bermunculan

Di dalam pabrik mereka melihat para pekerja memproduksi skincare. Tentunya dengan budaya kerja, serta aturan dasar para pekerja, di antaranya harus selalu steril.

"Kami punya 300 karyawan," ujar Rizky kepada Kompas.com, belum lama ini.

Pabrik yang terletak di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat ini memproduksi sekitar 200 brand produk kecantikan seperti skincare dengan pasar dalam dan luar negeri.

Perusahaan ini pun bersiap memperluas bisnisnya dengan mendirikan pabrik packaging.

Dari Distributor Menjadi Punya Pabrik

Pesatnya pertumbuhan bisnis Rizky dan suaminya tidak didapat dengan mudah. Mereka membangun bisnis dari nol dan kerap jatuh bangun.

"Dulu pernah mencoba berbagai macam bisnis tapi gagal. Rezekinya di skincare ini," tutur perempuan lulusan Ekonomi Universitas Islam Bandung (Unisba) ini menjelaskan.

Ia mengawali bisnis sebagai distributor produk kosmetik selama 5-6 tahun saat usianya 23 tahun. Sukses menjadi distributor, ia dan suaminya berpikir membuka industri rumahan atau yang berskala UMKM.

Baca juga: Kemenkop UKM Gandeng Bank BJB, Unpad, dan Alumni Ikopin, Ini 5 Poin Kerjasamanya

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.