Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Ide Bisnis yang Cocok Buat Kamu yang Berusia Muda hingga Dewasa

Kompas.com - 09/05/2022, 10:00 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Memulai usaha tak kenal waktu. Kamu yang bersia muda bahkan usia dewasa pun bisa memulai bisnis.

Tak jarang, banyaknya peluang usaha justru membuat bingung untuk memilih jenis usaha. Selain itu, minimnya usaha juga berdampak membuat pilihan untuk berusaha semakin sedikit.

Jangan pesimistis lantaran tak memiliki banyak pilihan. Berikut sejumlah ide usaha yang bisa dipilih buat kalian yang berusia muda hingga dewasa seperti dirangkum dari Lifepal.

1. Jualan camilan

Siapa yang tidak suka camilan? Semua orang rasanya suka menyantap camilan untuk mengisi perut.

Kamu bisa memulai bisnis camilan secara grosir dan mengemas ulang ke dalam kemasan yang lebih kecil.

Kamu bisa menaikkan harga setelah memperhitungkan modal awal. Selain itu, kamu juga dapat mencoba menjual camilan buatan sendiri.

2. Layanan titip hewan piaraan

Aldi (43) memberikan obat gatal ke kucing yang dititipkan di Home Cat Cilla miliknya, Jumat (22/4/2022). Bisnis jasa penitipan hewan peliharaan makin diperlukan menjelang lebaran.KOMPAS.COM/TRI PURNA JAYA Aldi (43) memberikan obat gatal ke kucing yang dititipkan di Home Cat Cilla miliknya, Jumat (22/4/2022). Bisnis jasa penitipan hewan peliharaan makin diperlukan menjelang lebaran.

Kebiasaan orang yakni memelihara hewan bisa jadi peluang bisnis. Kamu bisa membuka jasa penitipan hewan peliharaan kepada relasi maupun tetanggamu. 

Jangan lupa bekali dengan kemampuan yang baik untuk menjaga dan merawat hewan piaraan yang dititipkan. Beberapa jenis hewan piaraan tentu butuh perlakuan khusus.

3. Jasa titip beli barang bermerek atau branded

Usaha jasa titip atau istilah kerennya jastip masih banyak diminati. Kamu bisa membuka jasa titip beli barang-barang dengan minim modal.

Modal yang kamu butuhkan adalah rajin mencari tahu, ketekunan menawarkan barang, dan kamera. Kamu bisa memulai bisnis ini dengan hunting barang-barang Kita dapat berjalan di mal-mal sekitar, lalu memotret barang-baradi mal-mal sekitar dan memotretnya.

Setelah itu, kamu bisa posting di media sosial maupun grup khusus yang berisi orang-orang tertentu dengan minat sama. Kamu bisa mengenakan biaya jastip mulai dari puluhan ribu dari tiap barang.

4. Perencana perjalanan (travel planner)

Ilustrasi traveling saat pandemi.Dok. Shutterstock/Boyloso Ilustrasi traveling saat pandemi.

Tren berlibur atau traveling bisa kamu jadikan peluang berbisnis. Kamu bisa menyasar orang-orang yang tak punya waktu untuk merencanakan perjalanan.

Jasa yang ditawarkan mulai dari memesan pesawat, hotel, mobil, restoran ataupun aktivitas lain. Jangan khawatir, berbagai platform online bisa kamu andalkan untuk membantu menjalankan bisnis ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com