Cara Menjadi Mitra Binaan Program Pendanaan UMK Pertamina

Kompas.com - 02/06/2022, 07:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT. Pertamina memiliki program untuk mendukung pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Program tersebut bernama Program Pendanaan UMK.

Dikutip dari laman Pertamina.com, Program Pendanaan UMKM bertujuan untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil mitra binaan Pertamina agar menjadi tangguh dan mandiri sekaligus memberikan multiplier effect bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar wilayah operasi Pertamina. 

Adapun sejumlah cara Pertemina mendampingi mitra binaan Pertamina untuk tumbuh dan berkembang yaitu pola pendampingan, pembinaan, pelatihan yang terarah serta pemberian fasilitas promosi dan pengembangan pasar dalam ajang pameran.

Pertamina dalam laman resminya menyebutkan, para mitra binaan tersebut juga berpeluang untuk memberdayakan potensi dan kondisi ekonomi, sosial, lingkungan masyarakat di wilayahya dengan fokus diarahkan pada pengembangan ekonomi kerakyatan untuk menciptakan pemerataan pembangunan.

Hal tersebut diharapkan akan dapat mendukung kegiatan usaha Pertamina maupun mitra bisnis melalui program bantuan kemitraan yang telah disalurkan kepada lebih dari enam puluh lima ribu mitra binaan dengan total penyaluran senilai Rp4 triliun yang tersebar dari Sabang hingga Merauke dari berbagai sektor.

"Program Pendanaan UMK hadir di tengah-tengah masyarakat untuk tumbuh dan berkembang sebagai langkah nyata peningkatan usaha menjadi lebih produktif, efisien, dan profitable," tulis Pertamina dalam laman resminya.

Adapun bentuk Bantuan Program Pendanaan UMK disalurkan dalam bentuk modal kerja dana atau pembelian aktiva tetap; pinjaman khusus jangka pendek; pendidikan atau pelatihan, pengkajian atau penelitian, pemagangan; pemasaran dan promosi hasil produksi; dan pembinaan.

Lalu bagaimana cara mengikuti Program Pendanaan UMK dari Pertamina? Berikut ulasannya seperti dikutip dari laman Pertamina.

Syarat Menjadi Program Pendanaan UMK

  1. milik Warga Negara Indonesia
  2. usaha mikro dan usaha kecil yang belum memenuhi kriteria atau memiliki akses pinjaman kepada lembaga Pendanaan atau perbankan
  3. usaha mikro dan usaha kecil dengan jenis usaha yang sejalan dibidang dan/atau mendukung bisnis inti Perusahaan/BUMN
  4. diutamakan usaha mikro dan usaha kecil yang berlokasi di wilayah kerja BUMN
  5. berdiri sendiri, bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau berafiliasi, secara langsung maupun tidak langsung, dengan usaha menengah atau usaha besar
  6. berbentuk usaha orang perseorangan dan/atau sekelompok orang, badan usaha yang tidak berbadan hukum, atau badan usaha yang berbadan hukum, termasuk usaha mikro dan koperasi
  7. mempunyai potensi dan prospek usaha untuk dikembangkan.

Tata Cara Pengajuan Pinjaman Dana Program Pendanaan UMK

Calon Mitra Binaan menyampaikan syarat dan ketentuan pengajuan Program Pendanaan UMK sebagai berikut:

  1. Pendaftaran Program Pendanaan UMK Pertamina melalui link: http://genumkm.pertamina.com/register
  2. Mempersiapkan dokumen berupa
    •  Form Aplikasi Program Pendanaan UMK (dapat di download link berikut pada kertas ukuran F4: Form_Aplikasi_Program Pendanaan UMK
    • Fotocopy KTP Suami & Isteri dan Kartu Keluarga
    • Foto Suami & Istri terbaru ukuran 4X6
    • Fotocopy jaminan (dokumen asli diserahkan apabila pengajuan pinjaman disetujui)
    • Foto Tempat usaha 2 lembar Denah / peta lokasi usaha
    • Surat izin Usaha atau Keterangan Lurah
    • Fotocopy rekening tabungan atas nama pemohon
  3. Form Aplikasi harap diiisi dan ditandatangani di atas materai 6,000 dilengkapi dengan seluruh dokumen yang dipersyaratkan. Selanjutnya di scan untuk menjadi lampiran pada email. Subjek Email yaitu Pendaftaran Program Pendanaan UMK (Provinsi). Contoh : Pendaftaran Program Pendanaan UMK Jawa Barat
  4. Dokumen persyaratan yang telah lengkap dapat diserahkan ke masing-masing region, MOR, RU, dan Rumah Kreatif BUMN Pertamina, sesuai dengan wilayah usaha atau scan seluruh dokumen ke email pcc135@pertamina.com (apabila pendaftaran menggunakan email)
  5. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Pertamina Contact Center di nomor 135
  6. Pendaftaran Program Pendanaan UMK Pertamina tidak dipungut biaya. Hati – hati terhadap oknum yang mengatasnamakan Pertamina untuk melakukan penipuan. Pastikan kebenaran informasi dengan dengan bertanya ke Contact Pertamina 135
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.