Rambah Pasar Nasional, 25 Crafter Dalam dan Luar Purworejo akan Ramaikan PCF 2022

Kompas.com - 10/07/2022, 10:00 WIB

PURWOREJO, KOMPAS.com - Sebanyak 25 crafter dari dalam dan luar Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah akan meramaikan gelaran Purworejo Creative Festival (PCF) tahun 2022. PCF digelar dalam rangka mengenalkan produk kerajinan UMKM yang ada ke pasar nasional pada 15-17 Juli.

Dengan mengkolaborasikan empat dinas yang ada di Kabupaten Purworejo, kali ini Pemerintah Kabupetn akan menggelar Purworejo Creative Festival (PCF). Hal ini juga dilakukan untuk mendukung ekonomi kreatif yang ada di Purworejo khususnya.

Kegiatan PCF kali ini digawangi oleh empat dinas antara lain Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata; Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan; Dinas Perindustrian Tenaga Kerja, dan Transmigrasi; dan Dinas Kebudayaan.

Kepala Dinas Kepemudaan Olah Raga dan Pariwisata Kabupaten Purworejo, Stephanus Aan, mengungkapkan pihaknya ingin mempertemukan potensi unggulan produk UKM Purworejo yang siap masuk ke pangsa pasar lebih luas.

Produk Purworejo berusaha dikenalkan dengan pangsa pasar skala regional dan nasional melalui event ini. Tak hanya itu, Purworejo juga akan membuka peluang masuk ke rantai pasok industri kreatif, pariwisata, dan perdagangan nasional.

"Sehingga desain PCF tidak jualan produk unggulan secara retail selama pameran tetapi mengenalkan potensi produk ke industri dan pelaku industri dan ekonomi kreatif regional dan nasional. Terpilih 20 crafter unggulan Purworejo yang siap dan lima daerah di luar Purworejo yang ikut serta," kata Aan pada Sabtu (9/7/2022).

Aan menyebut, PCF nantinya didukung dengan kegiatan edukasi dan business matching forum antara UMKM dengan dengan para pelaku industri dan ekonomi kreatif yang sengaja dihadirkan. Para peserta diharapkan dapat jejaring industri, jejaring pelaku pariwisata, dan beberapa buyer (Investor) dengan potensi produk yang dipamerkan.

"PCF juga melibatkan dan didukung oleh banyak stakeholder baik itu dari UMKM sendiri, komunitas, dan dinas/instansi terkait yang ada di Purworejo," lanjut Aan.

Untuk menarik masyarakat umum, PCF ini sengaja dipadukan dengan kegiatan seni pertunjukan, dan seni budaya yang digelar setiap hari. Banyak komunitas lokal terlibat bahkan beberapa juga didatangkan berasal dari luar Purworejo.

"Selama pandemi Pemerintah Kabupaten Purworejo tidak memiliki event UMKM, maka rencana PCF digabungkan dengan rangkain peringatan Hari Koperasi agar kegiatan PCF lebih besar," tambah Aan.

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.