Kisah Pasutri asal Purworejo, Budidaya dan Jual Anggrek Spesies Langka hingga Beromzet Jutaan Rupiah

Kompas.com - 24/07/2022, 14:00 WIB

PURWOREJO, KOMPAS.com – Anggrek spesies adalah anggrek yang hidup di alam liar dan terkenal sangat sulit untuk dibudidayakan. Namun, kesulitan itu tak menghalangi Dwi Purwaningsih dan suaminya untuk terus mengembangkan tanaman yang mulai langka ini.

Dwi tinggal di Desa Giyombong, Bruno, Purworejo, Jawa Tengah sebagian besar wilayahnya adalah hutan yang merupakan habitat alami anggrek spesies. Hal ini membuat desa ini menjadi penghasil anggrek spesies terbesar di wilayah Purworejo.

Setiap pagi Kang Bikin, panggilan akrab suami Dwi, pergi ke hutan dengan semangat untuk mencari induk anggrek yang kini mulai sulit didapatkan. Tak jarang untuk mendapatkan satu indukan anggrek, ia harus menelusuri hutan belantara Desa Giyombong sejauh lima kilometer.

Kang Bikin, berangkat pukul 08.30 WIB dan pulang sore hari. Di sela-sela mencari anggrek, ia juga sembari mencari rumput untuk pakan ternak miliknya. Saat Kang Bikin mencari anggrek di hutan, Dwi merawat 70 jenis anggrek spesies yang telah dikumpulkan di rumah.

"Yang dapat dari Hutan di Bruno sendiri ya ada sekitar 30-an jenis anggrek," kata Dwi saat menunjukkan koleksi anggrek miliknya pada Sabtu (23/7/2022).

Untuk menampung anggrek, pasangan suami istri membuat rumah khusus dari bambu berukuran 6x2 meter dan beratap plastik di depan rumahnya. Di sana, Dwi menyimpan seluruh koleksi anggrek miliknya sejak dua tahun lalu.

Dwi bersama suaminya sedang mengembangkan beberapa spesies anggrek. Adapun jenis yang dikembangkan yaitu Scerliana, Bulbophyllum ecornutum, Coelogyne spesiosa, Epigenium triflorum, Phalaenopsis venosa, Phalaenopsis Cornucervi, Dendrobium liniale blue, Cymbidium goldenboy, Coelogyne peltates, Coelogyne asperata, Dendrobium spektabile, Dendrobium stratiotes, dan Coelogyne tomentosa s

"Kami juga punya Phalaenopsis Agusi, Phalaenopsis zebrina, Lowii jawa, Dendrobium mirbelianum, dan Phalaenopsis Violacea," katanya

Tak hanya anggrek spesies, melainkan Dwi juga punya anggrek hibrida. Namun, ia mengaku anggrek hibrida hanya sebagai untuk pelengkap bagi orang-orang yang mencari anggrek hibrida.

Anggrek hibrida adalah tanaman anggrek yang tumbuh dan berkembang dengan adanya campur tangan manusia, baik disilangkan antar kultivar, populasi atau antar galur dalam satu spesies.

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.