Lolos Kurasi dari 1.204 Produk, 20 Produk UMKM Terpilih jadi Suvenir Resmi G20

Kompas.com - 26/07/2022, 15:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 20 produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Indonesia resmi terpilih menjadi Official Merchandise G20.

Suvenir resmi yang terpilih terdiri dari delapan produk Fesyen dan Aksesoris; dua produk Tas dan Perlengkapan Alat Tulis; lima produk Kosmetik, Herbal, dan Kesehatan; empat produk Kerajinan Tangan; dan satu produk pembuatan kemasan.

“Pendaftaran produk dimulai pada bulan Februari dan diikuti 1.204 UMKM. Lalu lolos 688, lalu 100, dan akhirnya menjadi 20 UMKM yang bisa dilihat saat ini di (Smesco),“ kata Direktur Smesco Indonesia, Leonard Theosabrata dalam acara Showcase Official Merchandise G20 Indonesia di Gedung Smesco, Jakarta Selatan pada Selasa (26/7/2022) siang.

Leo mengatakan, proses kurasi produk-produk Official Merchandise G20 dilakukan tim kurator yang independen dan berkompetensi di bidangnya. Leo menyebutkan, event G20 merupakan kesempatan para pelaku UMKM melakukan promosi produk.

“Dan kita harapkan official merchandise ini mudah-mudahan bisa dipakai dan dipergunakan di event-event menuju G20,” ujar Leo.

Dalam proses pendaftaran hingga lolos kurasi, peserta yakni UMKM, panitia dan kurator tidak diperkenankan kontak fisik. Semua dilakukan secara daring menggunakan zoom meeting dan sampel dikiriman melalui paket logistik.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (MenKopUKM), Teten Masduki melihat 20 produk UMKM yang lolos menjadj Official Merchandise G20 dipamerkan di Gedung Smesco, Jakarta pada Selasa (26/7/2022) siang.KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJO Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (MenKopUKM), Teten Masduki melihat 20 produk UMKM yang lolos menjadj Official Merchandise G20 dipamerkan di Gedung Smesco, Jakarta pada Selasa (26/7/2022) siang.

Tim Kurator Official Merchandise terdiri dari Ketua Perhimpunan Perusahaan dan Asosiasi Kosmetika Indonesia (PPAK), Solihin Sofian; Program Manager ESMOD Jakarta, Patrice Desilles; Graphic Designer, Uci Z. Soemarmo; dan pihak Dewan Kerajinan Nasional, Yukako Akasi.

Diketahui, acara G20 berjumlah 150 kegiatan yang mencakup 49 main events dan 111 side events.  Delegasi yang akan datang ke Indonesia sebanyak 20.988, bersama staf atau anggota keluarga.

Jumlah orang yang akan hadir ke Indonesia ini dapat berlipat menjadi 41.976 sampai 83.952. 

Hal ini menjadi peluang bagi produk UKM Indonesia untuk mengenalkan produknya, serta terpilih menjadi bagian dari suvenir resmi G20. 

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.