Waktu Terbaik Mengajukan Pinjaman untuk Modal Usaha, Catat!

Kompas.com - 04/08/2022, 07:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kapan waktu terbaik untuk mengajukan pinjaman untuk modal usaha? Ya, pertanyaan tersebut wajib dijawab sebelum meminjam uang untuk modal usaha.

Bagi calon pengusaha maupun pengusaha, modal umumnya jadi salah satu kendala untuk memulai maupun mengembangkan usaha. Ada sejumlah sumber pinjaman modal usaha seperti bank, pemerintah, fintech lending, koperasi atau lembaga keuangan lainnya selain bank.

Bentuk pinjaman yang bisa dipilih seperti Kredit Tanpa Agunan (KTA), Kredit Multiguna (KMG), Kredit Modal Kerja, Kredit Usaha Rakyat (KUR), sampai pinjaman online.

Pilihlah jenis dan produk pinjaman modal usaha yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial. Jangan lupa perhatikan tenor dan cicilan pembayaran setiap bulan.

Meminjam modal usaha perlu dipikirkan dan penuh perhitungan yang matang. Dengan begitu, pinjaman tersebut dapat memberikan manfaat maksimal bagi usaha atau bisnis kamu.

Nah, keputusan untuk meminjam modal usaha juga harus dilakukan di waktu yang tepat agar menjadi beban keuangan pribadi ataupun keuangan perusahaan.

Berikut waktu terbaik meminjam uang untuk modal usaha seperti dirangkum dari Cermati.com.

1. Saat ingin memulai usaha, tapi kekurangan uang

Kekurangan uang saat ingin memulai usaha sangat sering terjadi. Biasanya situasi tersebut muncul karena modal tak cukup atau tabungan yang kurang. 

Kekurangan modal usaha bisa ditambah daari pinjaman. Meminjam uang untuk hal yang produktif seperti membuka usaha, layak untuk dilakukan. 

Dari usaha tersebut, ada produk yang bisa dijual dan mendapatkan keuntungan. Dari keuntungan, angsuran cicilan pinjaman bisa dibayar.

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.