Pulihkan UMKM Tenun NTT, Bank Indonesia Gelar Exotic Tenun Fest

Kompas.com - 13/08/2022, 07:00 WIB

 

KUPANG, KOMPAS.com - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), pemerintah daerah setempat, dan mitra strategis terkait menggelar Exotic Tenun Fest.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia NTT, I Nyoman Ariawan Atmaja, mengatakan, tujuan digelar kegiatan ini yakni untuk mengakselerasi pemulihan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) tenun NTT.

Nyoman menjelaskan, tenun NTT merupakan salah kekayaan intangible warisan budaya asli Indonesia, yang memiliki nilai sejarah seni dan budaya yang sangat tinggi.

"Namun, potensi ekonomi tenun NTT belum sepenuhnya optimal di tengah terjadinya scarring effect, akibat dampak pasca pandemi Covid-19," kata Nyoman dalam sambutannya saat pembukaan Exotic Tenun Fest, Jumat (12/8/2022).

Nyoman mengatakan, pemulihan UMKM terus berlanjut di tengah membaiknya daya beli masyarakat dan meningkatnya kunjungan masyarakat.

Menurut Nyoman, kegiatan ini sangat penting untuk digelar.

Selain itu lanjut Nyoman, tujuan lainnya yakni mendukung gerakan nasional bangga buatan Indonesia, dalam rangka meningkatkan kecintaan dan penggunaan produk UMKM dalam negeri.

Kemudian, meningkatkan kesadaran masyarakat umum terhadap keindahan tenunan NTT dengan seluruh keragaman motif, jenis dan makna yang tersirat di dalamnya.

Kegiatan ini juga kata Nyoman, sekaligus mendorong pemulihan ekonomi dan program survival UMKM, melalui digitalisasi promosi dan transaksi, business matching produk lokal NTT, dan komoditas ekspor.

"Tentu juga, kegiatan Exotic Tenun Fest, bertujuan untuk meningkatkan target penjualan UMKM dalam rangka mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional dan Provinsi NTT," imbuh Nyoman.

Halaman:

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.