Soal Tenun Ikat NTT, Gubernur NTT Sebut Tak Kalah Hebat dengan Karya Leonardo Davinci

Kompas.com - 14/08/2022, 07:00 WIB

KUPANG, KOMPAS.com - Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) tenun ikat dari Nusa Tenggara Timur (NTT) disebut merupakan karya ibu-ibu berintelektual tinggi.

Hal itu diungkapkan Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat.

Viktor menyebutkan, tenun ikat tidak kalah hebatnya dengan karya Leonardo Da Vinci atau karya Michael Angelo.

"Tenunan NTT dikerjakan oleh ibu-ibu yang berintelektual tinggi di seluruh NTT. Mereka hasilkan tenun ini sudah sejak ribuan tahun lalu. Ini karya artistik yang luar biasa," kata Gubernur VBL saat membuka Exotic Tenun Fest 2022 dan Launching Gerakan Cinta Produk NTT di Lippo Mall Kupang, Jumat lalu.

Viktor membandingkan pembuatan tenun ikat NTT dengan pembuatan baju. Ia berujar, sebelum membuat baju, digambar dulu modelnya, baru dipotong dengan benar dan dijahit seturut model yang telah digambar.

Namun, tenun ikat NTT ini tak ada modelnya yang dapat dilihat secara kasat mata dan abstrak.

"Modelnya (motifnya) ada di kepala para penenun. Penenunnya di manapun dia berada, tinggal di rumah yang tidak sama dan tidak punya hubungan sama sekali, tapi begitu produknya keluar, hasilnya sama. Itu mencirikan tingkat intelektual yang sangat tinggi," ujar Viktor.

Baginya, tenun ini bukan hasil karya kerajinan tangan, tetapi karya intelektual dari perempuan-perempuan Timor, Sumba, Flores, Alor, Sabu, Rote Ndao, Adonara, dan Lembata.

"Produk ini tidak dibuat dari pola-pola yang sudah konkret yang kita bisa lihat dan tiru. Tapi itu semua polanya lahir dari imajinasi pembuatnya. Itu ciri orang pintar," imbuh Viktor.

Karena itu, Viktor pun mengajak seluruh masyarakat untuk lebih mencintai tenun NTT.

Halaman:

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.