Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Percepat UMKM Penetrasi Digital, Ajang Kompetisi Caripreneur Digelar

Kompas.com - 25/08/2022, 19:00 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com – PT. Dasa Karya Indonesia melalui aplikasi CARInih bekerjasama dengan SMESCO Indonesia dan para partner ekosistemnya meluncurkan program CARIpreneur untuk mendukung percepatan penetrasi digital UMKM di Indonesia dalam semangat #NYATAKANsalingbantu.

CARIpreneur merupakan suatu wadah, ajang kompetisi kekinian bagi sahabat UMKM Indonesia.

Mengusung tema “Serukan Kreasi Bisnismu Tanpa Batas” mengajak seluruh sahabat UMKM untuk terus bergerak aktif berkreasi dan berinovasi, baik melalui produknya, dan berbagai upaya dan kreasi yang dilakukan dalam mengembangkan usahanya, termasuk melalui pengoptimalan teknologi.

“Sahabat UMKM di seluruh Indonesia dapat mengikuti program CARIpreneur, yang dimulai sejak 25 Agustus 2022," kata Founder dan CEO PT Dasa Karya Indonesia, Tan Leny Yonathan dalam siaran pers yang diterima, Kamis (25/8/2022).

Leny mengatakan, para calon peserta akan melalui seleksi dan mengikuti rangkaian aktivitas seperti workshop dari para ahli dan profesional. Tema-tema yang diangkat dalam workshop seperti bagaimana membuat konten produk dengan caption menarik.

"Sharing is caring mengenai banyak hal dari para partner ekosistem dan komunitas yang ahli di bidangnya antara lain Smesco Indonesia, Bank Negara Indonesia (BNI), AdaKami, KompasTV, DBS Indonesia, Paxel Indonesia diikuti dengan penjurian final oleh para Juri yang luar biasa dan taburan hadiah yang pastinya menarik," lanjut Leny Tan.

PT DKI senantiasa berkomitmen untuk terus menyatakan semangat #NYATAKANsalingbantu mendukung pelaku UMKM sebagai salah satu pilar utama perekonomian di Indonesia. Program CARIpreneur didukung banyak sahabat komunitas dan partner ekosistem.

Dalam ajang Caripreneur, ada hadiah senilai total ratusan juta rupiah dalam bentuk uang tunai, modal usaha, review dan endorse produk dan masih banyak lainnya.

Acara didukung oleh Smesco Indonesia, BNI, AdaKami, KompasTV, DBS Indonesia, Paxel Indonesia, AstraPay, Avantee, LinkUMKM BRI, Rumah BUMN Bandung, Karya Salemba Empat (KSE) dan masih banyak lainnya.

“Kerjasama ini dalam rangka sinergi Program Pengembangan Akses pasar digital utk para pelaku UKM antara LLP KUKM dengan CARInih," jelas  - Direktur Bisnis & Pemasaran Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (LLP-KUKM) - Smesco Indonesia, Wientor Rah Mada.

“LLP KUKM tidak pernah berhenti berusaha agar produk mitra binaan bisa makin bersaing di pasar, salah satunya dengan kegiatan ini maka akan didapat para pelaku UKM yang berkomitmen dan siap masuk pasar yang lebih luas melalui jalur digital atau online market”, kata Wientor.

Wientor berharap, ke depannya produk KUKM memiliki daya jual yang tinggi. Tak hanya membidik pasar lokal offline dan online, melainkan juga mancanegara melalui cross border transaction.

“Itu yang akan terus kami upayakan," kata Wientor.

Adapun, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BNI menjadi pendukung utama program CARIpreneur. Dengan mengikuti rangkaian program CARIpreneur, UMKM berkesempatan juga untuk mendapatkan hadiah menarik termasuk reward atas pembukaan rekening BNI Taplus Bisnis secara digital melalui aplikasi CARInih.

“AdaKami sepenuhnya mendukung program CARIpreneur dalam memajukan UMKM di Indonesia. Hal ini sejalan dengan semangat AdaKami dalam hadir untuk mewujudkan jutaan mimpi orang Indonesia dengan akses finansial berkualitas. Harapan kami ajang ini dapat mempersiapkan pelaku UMKM untuk lebih kompetitif dan siap mengembangkan usaha mereka dengan bekal yang diberikan selama kegiatan CARIpreneur. AdaKami akan selalu ada buat kamu yang berjuang untuk bangkit dan jadi lebih," kata Business Development Manager AdaKami, Jonathan Kriss.

"Butuh Uang? Berani Usaha! Itu yang menjadi tagline salah satu program yang kami buat untuk mendorong orang-orang memulai bisnisnya. Program tersebut juga bentuk dukungan kami terhadap para pelaku usaha khususnya UMKM di Indonesia untuk berbagi ilmu," Digital Manager KompasTV, Haris Mahardiansyah.

"Pelaku usaha yang besar bisa menginspirasi yang kecil, pelaku usaha yang masih kecil terus berinovasi di era digitalisasi UMKM saat ini. Oleh karena itu tepat rasanya kami menjadi media partner ajang CARIpreneur agar segala informasi tentang program ini makin luas jangkauannya. Semoga makin banyak orang yang termotivasi untuk memulai usahanya dan terus memajukan ekonomi Indonesia," lanjut Haris.

“Untuk seluruh UMKM Indonesia di manapun berada, tetap semangat, mari kita bersatu dalam semangat #NYATAKANsalingbantu dan ayo tunjukkan kreasi bisnismu tanpa batas di CARIpreneur. Optimalkan ajang kompetisi ini untuk lebih mengenalkan kreativitas dan inovasi melalui hasil karyamu, menambah ilmu & pengetahuan dan mengoptimalkan penggunaan teknologi untuk pengembangan bisnismu serta memperluas jaringan atau koneksi bisnis, semua dalam satu ekosistem di Aplikasi CARInih”, tutup Leny Tan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com