Ingin Sukses Bisnis Perikanan? Simak Tips Berikut

Kompas.com - 12/09/2022, 15:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai negara maritim, Indonesia memiliki banyak peluang usaha di bidang perikanan. Cakupannya begitu besar, sehingga banyak ranah usaha yang dapat dirintis di bidang tersebut.

Tugas utamanya adalah bagaimana merintis UMKM di bidang perikanan dengan tetap mengedepankan etika dan tanggung jawab dalam memanfaatkan sektor kelautan dan perikanan itu.

Dilansir dari Kompas.com, data Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mencatat penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) sektor kelautan dan perikanan mencapai Rp 3,95 triliun sampai dengan Mei 2022 yang lalu.

Baca juga: Rahasia Sukses Jalani Bisnis UMKM dari Kang Apep Friyana

Artinya ada peningkatan sebanyak 33,5 persen dari periode yang sama di tahun sebelumnya.

Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono mengatakan, pihaknya akan menggenjot penyaluran KUR untuk pelaku UMKM perikanan di Indonesia.

Sebagai informasi tambahan, disampaikan bahwa tahun ini KKP memiliki target penyaluran KUR pada sektor kelautan dan perikanan sebesar Rp 8,9 triliun.

Artinya, ada keseriusan dari pihak pemerintah untuk terus mengembangkan UMKM di sektor perikanan. Terdapat peluang yang bisa sama-sama Kita lihat untuk memulai bisnis pada bidang tersebut.

Namun, apa saja sih hal-hal mendasar yang perlu diketahui untuk memulai bisnis perikanan? Dilansir dari beberapa sumber, simak beberapa kiatnya sebagai berikut.

1. Melakukan Riset dan Menentukan Target Pasar

Sebelum tahap produksi, Anda perlu melakukan riset untuk pembudidayaan ikan. Mulai dari lokasi pembudidayaan, peralatan, aturan pemerintah, dan faktor cuaca di lokasi, sudah ditentukan.

Anda juga perlu memikirkan target pasar konsumen ikan Anda. Usaha perikanan pun memiliki jenis-jenisnya, seperti ikan ternak (tambak) dan ikan laut. Keduanya akan memiliki pasar yang berbeda sehingga perlu disesuaikan.

Halaman:

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.