5 Tips Bisnis Frozen Food agar Aman saat Dikirim ke Konsumen

Kompas.com - 15/09/2022, 19:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini bisnis frozen food tengah menjadi tren di tengah pelaku UMKM yang bergerak di sektor makanan. Dalam bisnis makanan beku atau frozen food seringkali hambatan yang muncul adalah dari sisi pengiriman.

Umumnya hambatan yang dihadapi seperti masalah packinghingga proses pengiriman yang gagal. Kegagalan saat pengiriman bisa memperburuk citra bisnis.

Jika terus bermasalah proses pengiriman, Anda kalah saing dengan banyaknya kompetitor di luar sana. Padahal, bisa jadi produk Anda jauh lebih menarik dan unik dibandingkan kompetitor.

Makanan beku seharusnya tak hanya bisa dikirim untuk jarak dekat, melainkan juga jarak yang jauh. Oleh karena itu, model packing dan proses kirim harus harus benar-benar diperhatikan jika lokasi konsumen berada di luar kota apalagi di luar pulau.

Berikut ini beberapa tips untuk menjaga kondisi dan pengiriman frozen food sampai dengan baik di tangan konsumen yang sudah dirangkum Kompas.com.

1. Pastikan Produk dalam Keadaan sudah Dibekukan

Ada beberapa pelaku usaha yang baru membuat produk makanan setelah mendapat pesanan dari konsumen.

Jika memiliki model produksi yang sama, pastikan Anda membekukan makanan itu terlebih dulu sebelum dikirim ke tangan konsumen.

Hal ini untuk menjaga model makanan di dalam packing sehingga tidak mudah hancur.

2. Gunakan Styrofoam atau Ice Box

Jumlah pesanan dalam jumlah besar akan disarankan untuk menggunakan styrofoam atau ice box (kotak es). Styrofoam plastik nylon atau aluminium foil dapat membantu paket makanan terjaga kondisinya.

Kotak es juga bisa digunakan dengan menggunakan es jenis gel yang dimasukkan ke dalam kotak packing untuk setidaknya menjaga suhu di sekitar makanan tidak panas.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.