Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Usaha Kuliner Yang Cocok Dikembangkan di Desa

Kompas.com - 17/09/2022, 19:00 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Usaha kuliner menjadi salah satu bidang yang tak pernah sepi, sebab ada banyak konsumen yang membutuhkannya. Beragam kuliner ini bisa dikembangkan dengan mudah, baik itu skala kecil maupun besar sekaligus.

Tidak harus selalu di kota, usaha kuliner juga bisa dikembangkan di kawasan pedesaan. Mengembangkan usaha kuliner di desa dapat menjadi alternatif untuk menambah penghasilan masyarakat sekitar.

Jika dibuat dalam jumlah yang cukup besar, beragam kuliner ini bisa saja dipasarkan ke perkotaan. Selain itu, masyarakat sekitar juga bisa menjadi potensi pasar yang cukup baik untuk beragam kuliner ini.

Ada banyak usaha kuliner yang dapat dijadikan pilihan, beberapa usaha ini bahkan cukup simpel dan mudah untuk dilakoni. Berikut ini adalah beberapa usaha kuliner yang cocok untuk dikembangkan di pedesaan, seperti dilansir Cermati.com:

1. Aneka kue tradisional

Panganan yang satu ini bisa ditemukan dalam berbagai jenis, mulai dari yang manis hingga yang gurih. Warga pedesaan tentu akan sangat familiar dan suka dengan beragam kue tradisional seperti ini.

Ini bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan, sebab ada banyak peminatnya. Pilih kue-kue yang biasanya disukai banyak orang, agar lebih mudah untuk menjualnya. Kue dengan rasa unik atau memiliki ciri khas tersendiri juga tak ada salahnya untuk dicoba.

2. Warung makan dengan menu tradisional

Membuka warung makan juga bisa menjadi pilihan usaha lainnya yang cocok dikembangkan di desa. Ini bahkan akan semakin menjanjikan, jika warung makan ini berada di lokasi wisata atau pinggir jalan raya yang banyak dilalui kendaraan.

Kebanyakan orang yang bepergian akan berhenti dan berisitirahat untuk makan di warung-warung yang menyajikan menu tradisional seperti ini. Selain menyajikan masakan khas lokal, siapkan juga menu-menu populer lainnya, seperti ayam bakar atau soto.

3. Frozen food

Jauh dari kawasan perkotaan membuat masyarakat desa terbilang sulit mengakses makanan yang awet seperti ini.

Menjual beragam makanan frozen food juga bisa menjadi pilihan usaha lainnya di desa. Pilih makanan yang familiar dan sekiranya bisa laku dijual, sehingga tidak lama berada dalam lemari es.

Usaha frozen food seperti ini juga bisa dijadikan sebagai sampingan, sebab tidak ada kegiatan produksi yang merepotkan. Cukup lakukan pemasaran melalui media sosial dan pasang plang, maka pembeli akan datang dengan sendirinya.

4. Gorengan

Usaha gorengan menjadi salah satu yang paling potensial dan hampir tak pernah sepi. Semua orang suka gorengan, bahkan orang desa sekalipun. Usaha ini bisa dijalankan dengan memanfaatkan teras rumah saja. Namun jika ingin tepat yang lebih ramai, membuka usaha ini di pinggir jalan besar juga bisa jadi pertimbangan. Selain modalnya yang kecil, potensi sukses usaha gorengan ini juga patut jadi pertimbangan.

5. Jajanan kaki lima

Jajanan kaki lima juga bisa menjadi usaha menguntungkan di desa. Ada banyak menu yang dapat dijadikan pilihan, seperti: bakso tusuk, batagor, tahu walik, sosis bakar, dan yang lainnya.

Semakin banyak menu yang disediakan, maka akan semakin laris juga usaha yang satu ini. Pilih lokasi yang strategis dan banyak dilalui orang, agar usaha ini bisa berkembang dan mendatangkan keuntungan.

6. Camilan rumahan

Camilan rumahan juga selalu banyak dicari, terutama oleh anak-anak dan remaja. Usaha seperti ini cocok untuk dijalankan di siang atau sore hari, di mana ada banyak orang bersantai. Ada banyak jenis camilan rumahan yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan, antara lain; kentang goreng, singkong keju, es krim rumahan, dan yang lainnya.

Baca juga: Ingat Ini lho Pajak yang Harus Dibayar Buat Para Jastip

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com