Mengintip Perajin Topeng Kesenian Tradisional di Malang yang Tetap Eksis

Kompas.com - 30/09/2022, 08:41 WIB

MALANG, KOMPAS.com - Di tengah gempuran berbagai macam mainan modern, alat permainan tradisional tetap mendapatkan hati di masyarakat. Setidaknya hal itu yang dirasakan oleh Johan Untung yang juga perajin topeng tradisional.

Kegemaran masyarakat terhadap permainan tradisional membuatnya bisa terus mendapatkan pasar untuk produk-produk mainan tradisional Jawa Timur, seperti bantengan dan barongan.

Bantengan dan barongan adalah seni pertunjukan yang populer di kalangan masyarakat Jawa Timur. Pertunjukkan bantengan populer di kalangan masyarakat lereng Semeru, meliputi daerah Malang, Probolinggo, Pasuruan, dan Blitar.

Baca juga: Kisah Warga Desa Gunung Wangi, Olah Umbi Surinama yang Hampir Punah jadi Bernilai Ekonomi

Sedangkan Barongan populer di kawasan Jawa Tengah, khususnya di kawasan Blora.

Sebagaimana alat kesenian bantengan dan barongan aslinya, Johan membuat beberapa karakter dalam replika topeng kesenian tersebut, seperti Rampak Barong, Rampak Devil, Kucingan, dan Jambagan.

"Tapi karakter yang kita buat ini adalah replika topeng kesenian Bantengan dan Barongan khas Malang," ungkapnya saat ditemui di kediamannya, Kelurahan Penarukan, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Kamis (29/9/2022).

Johan menjelaskan perbedaan karakter mainan topeng kesenian tradisional bantengan dan barongan khas Malang dengan alat kesenian dari daerah asalnya, hanya pada sisi barongnya.

"Kalau di Blora barongnya menggunakan bulu kuda. Tapi kalau khas Malang barongnya menggunakan mika plastik bergambar," tuturnya.

Hasil produksi replika topeng milik bapak dari dua anak itu kerap mendapat pesanan dari penjual mainan tradisional dari Malang Raya serta dari berbagai daerah, seperti Blitar dan Kediri.

"Kadang juga melayani pesanan dari luar Jawa, seperti Kalimantan dan Sumatera," tuturnya.

Halaman:

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.