5 Cara Menentukan Sumber Modal Bisnis Warung Kopi

Kompas.com - 02/10/2022, 08:00 WIB

KOMPAS.com - Peluang bisnis warung kopi masih menjadi salah satu yang paling menjanjikan hingga saat ini. Bersantai sambil minum kopi sudah menjadi gaya hidup tersendiri untuk sebagian masyarakat perkotaan.

Secara otomatis, hal tersebut tentu menjadi angin segar bagi Anda yang tertarik untuk menekuni bisnis di bidang yang satu ini. Namun ketatnya persaingan di bisnis yang satu ini tidak bisa diabaikan begitu saja.

Rencanakan bisnis warung kopi dengan cermat sejak awal dan buatlah konsep warung kopi yang menarik. Persiapkan modal yang memadai, agar bisnis ini bisa berjalan dengan lancar ke depannya.

Pada dasarnya, bisnis warung kopi tidak selalu membutuhkan modal yang besar. Pertimbangkan dengan matang sumber modal yang akan digunakan untuk membangun bisnis ini dengan baik.

Berikut ini adalah beberapa sumber modal bisnis warung kopi yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan, seperti dilansir dari Cermati.com:

1. Gunakan dana pribadi

Menggunakan dana pribadi sebagai modal untuk membangun warung kopi tentu menjadi langkah yang paling mudah dan praktis. Alokasikan sebagian dana tabungan sebagai modal awal untuk membangun bisnis warung kopi ini. Namun jika tidak memiliki dana likuid yang bisa dialokasikan sebagai modal, tidak ada salahnya untuk menggunakan aset yang dimiliki.

Jual perhiasan atau aset lainnya yang sekiranya bisa digunakan untuk kebutuhan modal tersebut. Selain menjual, menggadaikan perhiasan atau aset lainnya juga bisa menjadi pertimbangan.

Ini bisa menjadi pilihan yang tepat, sebab kelak aset tersebut bisa ditebus kembali jika sudah memiliki dana yang memadai. Hindari untuk menjual atau melepas aset investasi, terutama yang peruntukannya sangat penting di dalam keuangan.

2. Ajukan pinjaman ke bank

Mengajukan pinjaman ke bank juga bisa menjadi solusi untuk kebutuhan modal bisnis warung kopi ini. Saat ini ada banyak jenis pinjaman yang bisa diakses dengan mudah, baik itu yang menggunakan agunan atau tanpa agunan sekalipun.

Namun pinjaman bank seperti ini akan menerapkan sejumlah bunga, sehingga penting untuk memperhitungkan hal tersebut dengan baik sejak awal.

Halaman:

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.