Petani Kopi Terancam Rugi Finansial Gara-gara Cuaca, Ini Cara Zurich Syariah Beri Perlindungan

Kompas.com - 05/10/2022, 19:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Faktor cuaca masih menjadi momok bagi para petani kopi di Indonesia. Mereka harus menghadapi risiko kerusakan hasil panen akibat perubahan cuaca.

Data dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia, Indonesia merupakan produsen kopi terbesar ke-4 di dunia. Kontribusi kopi terhadap ekonomi Indonesia juga termasuk besar.

Pada tahun 2021 tercatat industri kopi telah memberdayakan 1,86 juta kepala keluarga petani dan menyumbang sebesar 16,15 persen untuk produk domestik bruto (PDB) perkebunan. Oleh karena itu, permasalahan cuaca ini tidak dapat dipandang sebelah mata.

“Cuaca ekstrim dapat menimbulkan kerugian finansial bagi petani (kopi)," ujar Presiden Direktur Zurich Syariah, Hilman Simanjuntak melalui siaran resminya, Senin (4/10/22).

Untuk itu, lewat siaran resmi yang sama, PT Zurich General Takaful Indonesia (Zurich Syariah) menyampaikan bahwa mereka meluncurkan Asuransi Parametrik Indeks Cuaca Syariah.

Program ini merupakan asuransi yang sistem pembayaran manfaat klaim kepada petaninya dilakukan secara otomatis berdasarkan data cuaca aktual dan tidak memerlukan pengajuan klaim asuransi sebelumnya (Asuransi Parametrik Syariah).

"Asuransi Parametrik Syariah ini akan membantu petani kopi di Aceh mengelola risiko melalui pertanggungan asuransi yang dibuat khusus untuk kondisi curah hujan yang tinggi atau kondisi kekeringan selama tahap perkembangan tanaman kopi saat tanaman paling rentan terhadap guncangan cuaca," tutur Hilman.

Hilman juga menjelaskan Asuransi Parametrik ini dibangun dengan melibatkan Blue Marble Microinsurance yang sudah berpengalaman mengembangkan produk asuransi parametrik di berbagai negara, khususnya untuk tanaman kopi.

Tujuan utamanya adalah agar perlindungan yang diberikan tepat guna dan tepat sasaran, sesuai prinsip syariah.

Berdasarkan potensi yang dimiliki petani kopi, dan keinginan untuk melindungi mereka, Asuransi Parametrik Syariah memberikan perlindungan dengan penggantian kerugian yang dialami oleh petani akibat faktor cuaca dan perubahan iklim.

Faktor cuaca dan iklim yang dimaksud seperti kekeringan atau tingkat curah hujan tinggi yang dapat merugikan petani kopi akibat gagal panen dan penurunan hasil produksi.

Saat ini, Zurich Syariah sudah melindungi lebih dari 1.500 petani kopi di Aceh yang merupakan salah satu wilayah produsen kopi terbesar di Indonesia. Harapannya perlindungan ini mampu mengatasi kerentanan finansial petani kopi di Indonesia.

Promosikan UMKM Anda dengan beriklan di jaringan Kompas Gramedia lewat Pasangiklan.com. Konsultasikan strategi iklan bisnis Anda bersama tim sales Pasangiklan.com sekarang.


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.