Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Memulai Bisnis Street Food Korea

Kompas.com - 12/10/2022, 16:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini demam budaya Korea Selatan sedang mewarnai kehidupan masyarakat. Istilah K-Wave yang menggambarkan pesatnya gelombang budaya Korea Selatan yang masuk ke dalam negeri juga ikut meningkatkan peluang dari segi bisnis.

Jika Anda memiliki jiwa bisnis yang kuat dan peka, kondisi ini bisa dimanfaatkan momen untuk memulai bisnis yang berbau Korea, misalnya bisnis kuliner.

Penggemar budaya Korea Selatan semakin banyak, mulai dari kalangan anak-anak, remaja, hingga dewasa memiliki minat yang cukup besar untuk mengkonsumsi produk-produk yang ‘berbau’ Korea.

Oleh karena itu, peluang bisnis makanan Korea jadi salah satu opsi ide bisnis yang menjanjikan karena target pasarnya sudah terbentuk. Kuliner atau makanan Korea yang disajikan pun bisa disesuaikan dengan tren terkini, seperti kuliner street food Korea.

Selain sedang tren, jenis street food Korea ini bisa lebih divariasikan dan disesuaikan dengan lidah masyarakat lokal.

Berikut ini merupakan 5 tips untuk memulai bisnis kuliner street food Korea bagi pemula.

1. Tentukan Lokasi yang Tepat dan Strategis

Pemilihan lokasi ini cukup penting. Jika pemilihan lokasi strategi untuk usaha lain mengutamakan keramaian dan akses, untuk bisnis makanan Korea ada faktor tambahan lain.

Saat ini sudah ada beberapa area atau lokasi yang memang dikenal sebagai pusat budaya Korea. Anda dapat memanfaatkan lokasi semacam itu jika memang sesuai dengan modal yang dimiliki. Tujuannya adalah untuk mengundang konsumen dan target pasar dengan lebih efektif.

2. Penentuan Bahan dan Modal yang Tepat

Bahan makanan untuk bisnis street food Korea tidak terlalu rumit lantaran membeli bahan baku yang asli Korea atau dengan brand Korea. Apalagi jika Anda sudah melakukan penyesuaian menu dengan lidah lokal.

Cari supplier yang dapat memberikan harga murah atau lakukan pembelian dengan kuantitas besar untuk menekan cost yang perlu dikeluarkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com