Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun 2023, GoFood Fokus Dua Hal untuk Dorong Kemajuan Mitra UMKM

Kompas.com - 17/10/2022, 19:33 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Gojek melalui GoFood terus mendorong kemajuan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) kuliner Indonesia dengan program-program dari Komunitas Partner GoFood (KOMPAG). GoFood akan berfokus kepada dua program pada tahun 2023 untuk para mitra usaha GoFood.

"Pada tahun 2023, tahun depan kami akan memiliki dua fokus, yang pertama adalah mentorship dan pengembangan skala bisnis. Ini kami akan memperkuat pelatihan bersama mentor dan Ketua KOMPAG dan juga pakar industri untuk mitra usaha GoFood dengan fokus topik pengembangan skala bisnis," ujar Group Head of Merchant Marketing Gojek dan GoTo Financial, Bayu Ramadhan dalam diskusi bersama media di Jakarta, Senin (17/10/2022).

Bayu mengatakan, pelatihan-pelatihan dengan mentorship dan pengembangan skala bisnis akan digelar secara offline maupun online. Adapun pelatihan-pelatihan tersebut akan digelar di 75 kota di Indonesia.

"Fokus kedua adalah ekspansi di kota-kota baru. Tujuannya untuk mendukung mitra usaha GoFood se-Indonesia untuk lebih agar terhubung bersama. Dan juga kami ingin menjangkau kota-kota baru yang basis konsumen GoFood-nya kuat. Tujuannya untuk meningkatkan kapabilitas mitra usaha GoFood supaya bisa lebih menjangkau lebih banyak pelanggan di kota tersebut," ujar Bayu.

Group Head of Merchant Marketing Gojek dan GoTo Financial, Bayu Ramadhan (kiri); Pemilik Usaha Pancong Ruang Rasa dan Ketua KOMPAG Depok, Lathiful Amri (tengah); dan Head of Food & Platform Merchant Marketing GoTo, Felicia Wijaya dalam diskusi bersama media di Jakarta, Senin (17/10/2022). KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJO Group Head of Merchant Marketing Gojek dan GoTo Financial, Bayu Ramadhan (kiri); Pemilik Usaha Pancong Ruang Rasa dan Ketua KOMPAG Depok, Lathiful Amri (tengah); dan Head of Food & Platform Merchant Marketing GoTo, Felicia Wijaya dalam diskusi bersama media di Jakarta, Senin (17/10/2022).

Bayu mengatakan, GoFood kini memiliki lebih dari 1,4 juta mitra usaha yang 99 persennya merupakan UMKM kuliner. Bayu menyebutkan, KOMPAG dibentuk agar pelaku UMKM kuliner dari segala tingkatan bisnis untuk naik kelas hingga mampu terus bersaing di tengah ketatnya persaingan bisnis kuliner.

"Di KOMPAG kami meberikan pelatihan kuliner secara offline dan online. Kami gunakan facebook grup secara nasional, untuk regional kita pakai Telegram dan Whatsapp Grup. Untuk offline, kami gencarr tambahkan event kopdar di Jakarta, Bandung, Joglosemar, dan wilayah lain. Melalui KOMPAG, kami tetap konsisten hadirkan pelatihan kuliner yang sesuai dengan tren yang berkembang di tiap kota," tambah Bayu.

Adapun program-progam KOMPAG yang dihadirkan adalah Live NGOPI (Live Streaming Ngobrol Pintar Bersama GoFood),Temu Akbar KOMPAG, dan KOMPAG Kopdar.

Live Ngopi diselenggarakan seminggu sekali setiap hari Jumat, event Temu KOMPAG Akbar yang digelar secara online setiap dua bulan sekali, dan event KOMPAG Kopdar setiap tiga bulan sekali di tiap kota.

KOMPAG didirikan pada Oktober 2019 dan menjadi komunitas pertama yang menyediakan serangkaian program edukasi, pelatihan dan kesempatan berjejaring bagi pelaku UMKM kuliner di industri online food delivery Indonesia.

Berawal dari 25.000 anggota, KOMPAG terus berkembang dari tahun ke tahun hingga kini beranggotakan lebih dari 180.000 UMKM kuliner dari 75 kota di Indonesia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com