Kisah Wahyuni, Bangkitkan Potensi Warung Kelontong dengan Aplikasi B2B

Kompas.com - 07/11/2022, 20:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai pemilik warung kelontong asal Gresik, perkenalan Wahyuni dengan ekosistem online tak disangkanya dapat berbuah manis.

Kondisi terbatas akibat pandemi Covid-19, membuat Wahyuni memutuskan untuk membuka jalan usaha melalui Ula, E-commerce B2B (business to business) yang memberikan akses agar warung kelontong mendapat barang yang lebih lengkap.

“Awalnya kan saya jualan seadanya, terus dikenalin Ula yang banyak produknya. Waktu itu pandemi, pas untuk UMKM kaya saya buat menambah penghasilan di rumah,” tutur Wahyuni, dalam kesempatan wawancara dengan Kompas.com, pekan ini.

Langkah yang ia ambil sejak Juli 2021 inilah yang membuat Wahyuni mendapat akses ke produk-produk yang harganya terjangkau, berkualitas, dan efisien untuk dijual di warung kelontongnya.

Wahyuni menyadari, keputusannya merambah ke ekosistem online dapat mempermudah dan memaksimalkan potensi warung yang masih konvensional ini.

“Jauh lebih efisien waktunya saat bergabung Ula, produk-produk sayur, buah, sembako ini sembari saya konsumsi pribadi juga saya jual online,” sambung Wahyuni.

Edukasi Pegiat Warung Kelontong dengan Teman Ula

Tak hanya bertindak sebagai pengguna, Wahyuni pun turut aktif mengedukasi dan berbagi pengalaman dengan pelaku warung kelontong di sekitarnya melalui komunitas Teman Ula.

Wahyuni berhasil membina para pelaku warung kelontong mengenai cara mengakses Ula, menggunakan aplikasi, hingga melakukan transaksi.

“Adanya komunitas dari berbagai kota di pulau Jawa itu bersatu, setiap harinya itu kita ngobrolin produk. Saling tukar edukasi produk yang fresh dan sembako, jadi kita semangat,” ungkapnya.

Persis seperti efek domino, eksistensi warung kelontong milik Wahyuni semakin meluas dan kerap menjadi ‘panutan’ bagi pelaku usaha yang sama.

Halaman:

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.