Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LIVE Bronis UMKM 10 November: Kiat Sukses Ekspor Batik Maos, Dari Cilacap ke Mancanegara

Kompas.com - 10/11/2022, 08:00 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) punya potensi besar untuk diekspor. Daya saing produk UMKM pun tak kalah saing dengan produk dari negara lainnya.

Salah satu pelaku UMKM yang berhasil mengekspor produknya adalah pemilik CV Rajasa Mas Jaya yang bergerak di bidang produksi batik dan kerajinan, Euis Rohaini.

Memulai bisnis sejak tahun 2008, Euis memanfaatkan bahan-bahan sisa limbah konveksi dan bambu.

Saat itu, Euis melihat banyaknya limbah perca batik tetapi belum ada ide untuk memproduksinya. Akhirnya, Euis menciptakan produk baru dengan kombinasi bambu untuk hiasannya.

Pada tahun 2007, Euis mengenalkan batiknya dengan merek Maos Rajamas.

Ia pun kemudian mendapatkan pembeli dari Arab Saudi pada tahun 2016. Euis pun berhasil mengirimkan lima kontainer berisi kerajinannya dalam kurun waktu satu tahun.

Kisah Euis dalam mengembangkan bisnisnya menarik untuk dikulik. Bagaimana kisah awal Euis mengembangkan bisnisnya? Apa tips dan trik mengembangkan bisnis batik dan kerajinan hingga bisa tembus ekspor?

Kompas.com melalui rubrik Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) kembali menghadirkan program Bronis UMKM.

Program Bronis kali ini mengangkat topik "Kiat Sukses Ekspor Batik Maos, Dari Cilacap ke Mancanegara". Acara Bronis UMKM ini akan digelar dalam bentuk talkshow secara live di media sosial Kompas.com yaitu Instagram, Youtube, dan Facebook.

Acara ini akan diselenggarakan pada Kamis, 10 November 2022 pada pukul 16.00 WIB. Dalam acara Bronis UMKM kali ini, CV Rajasa Mas Jaya, Euis Rohaini akan berbagi cerita soal bisnis batik dan kerajinan tangan hingga tembus ekspor ke mancanegara.

Acara live akan berlangsung selama satu jam. Kamu bisa bertanya kepada narasumber secara langsung lewat kolom komentar. Jangan ketinggalan Bronis UMKM, ya! Follow Instagram, subscribe dan nyalakan notifikasi Youtube!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com