Tips Sukses Rintis Usaha Minuman Teh

Kompas.com - 17/11/2022, 20:38 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com
- Di tengah perkembangan industri teh saat ini, para pengusaha teh perlu mengikuti beberapa tips untuk memulai atau mengembangkan usaha tehnya.

Founder & Owner Pasarteh, Gitta A. Badruddin menyampaikan bahwa dirinya optimistis dan memiliki harapan yang baik terhadap perkembangan industri teh dalam negeri.

"Kami sih cukup optimistis. Untuk para pelaku usaha teh ini jangan takut bahwa usaha teh kok kayaknya akan suram. Justru saya ingin meng-encourage teman-teman untuk bisa menambah produk teh di kedainya atau berbisnis teh," ujar Gitta dalam kesempatan wawancaranya bersama Kompas.com pada Kamis (17/11/2022).

Hal tersebut dikatakan Gitta karena ia melihat antusiasme masyarakat dalam negeri yang tinggi terhadap produk teh di tengah tren kopi yang juga sedang berkembang.

"Kita beberapa kali mengikuti pameran dan antusias masyarakat itu juga tinggi," tambah Gitta.

Sebagai pengusaha yang bergerak di bidang teh, Gitta juga membagikan beberapa tips untuk sesama pengusaha teh lain, baik yang merupakan reseller produk hingga yang sedang merintis kedai teh.

"Tipsnya sih sebenernya klasik ya. Berawal dari step by step, intinya supaya kita ambil yang aman. Berawal dari sedikit dari yang kecil saja dulu sehingga risiko yang diambil juga tidak langsung besar," ungkap Gitta.

Menurutnya, seorang pengusaha teh juga perlu mengamati tren yang sedang berkembang untuk mengetahui apa yang sedang diminati oleh pasar.

"Oh, misalnya sekarang sukanya mocktail. Kalau suka mocktail berarti dia perlu menyediakan bahan mocktail lalu mengikuti kelas tentang mocktail. Belajar tentang mocktail, bagaimana cara membuatnya. Atau bisa dengan membeli buku," tutur Gitta.

Gitta menyampaikan, artinya tips lain yang tidak kalah penting adalah untuk terus belajar. Sebagai pegiat usaha teh, Anda perlu memperbanyak edukasi tentang bahan baku teh dan produknya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.