Tantangan Rintis Bisnis Minuman Teh di Indonesia, Teh Kualitas Bagus Justru Diekspor

Kompas.com - 18/11/2022, 21:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren teh yang sedang berkembang membuat masyarakat untuk dapat menemukan produk teh berkualitas.

Namun, banyak dari mereka yang tidak mengetahui cara atau di mana mereka bisa mendapatkan teh berkualitas tersebut.

Founder and Owner Pasarteh, Gitta A. Badruddin menjelaskan, teh memang memiliki kelas atau gradenya sendiri. Hal ini lah yang menentukan baik atau tidaknya kualitas bahan atau produk teh.

"Teh itu kan ada grade-gradenya ya ada gradasi kualitasnya. Nah teh-teh kemasan itu masuknya ke grade rendah. Sedangkan untuk orang-orang pencinta teh, mereka mencari produk teh yang berkualitas baik, bukan yang seperti itu (teh kemasan)" tutur Gitta saat diwawancarai tim Kompas.com pada Kamis (17/11/2022).

Tantangan Mencari Bahan Teh yang Berkualitas Baik

Gitta menyampaikan, kebanyakan bahan baku teh Indonesia yang berkualitas bagus justru dijadikan komoditi ekspor.

"Tanda kutipnya, yang tersisa di Indonesia kebanyakan hanya yang grade-grade tehnya rendah. Jadi yang berkualitas bagus dijadikan produk ekspor," tambah Gitta.

Hal tersebut menjadi salah satu tantangan untuk para pencinta teh. Mereka yang ingin mengaplikasikan skill-nya setelah mengikuti kelas teh, atau yang sedang merintis usaha teh, serta yang ingin menambah menu kedainya dengan minuman teh berkualitas memiliki kesulitan untuk mendapatkan bahan baku teh yang berkualitas baik.

Inilah yang menjadi ide dasar terciptanya Pasarteh sebagai sebuah usaha yang ingin menjadi solusi tantangan tersebut.

"Akhirnya kita berinisiatif untuk membuat Pasarteh ini. Seperti namanya, ya bukan secara fisik ya, tapi kami menjadi pasar atau tempat di mana orang bisa mendapatkan teh-teh dari berbagai macam kebun di Indonesia yang sudah terkurasi," ungkap Gitta.

Proses kurasi ini dilakukan untuk mendapatkan bahan teh pilihan yang terbaik dan berkualitas bagus serta bisa digunakan untuk dijual kembali atau dijadikan bahan racikan minuman.

Halaman:

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.