Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Face Recognition Bisa Bantu UMKM, Chief Nodeflux: Berguna Berikan Insight Bisnis

Kompas.com - 29/11/2022, 13:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Teknologi Artificial Intelegence (AI) dinilai bisa membantu pengembangan Usaha Mikro Menengah Kecil (UMKM). 

Chief Of AI Business Strategy Nodeflux, Adhiguna Mahendra mengatakan, salah satu teknologi AI yang bisa membantu UMKM adalah face recognition atau teknologi pengenal wajah.

Face recognition merupakan teknologi yang bisa dipakai untuk mengidentifikasi wajah seseorang untuk berbagai kepentingan lewat foto maupun video.

"Sebetulnya AI seperti ini (face recognition) banyak berguna dalam memberikan insights. Contoh kita punya restoran atau kafe atau toko apa pun, kita tidak tahu persis pengunjung yang datang ke satu rak atau pergerakkan mereka ke sisi lain. Kita tidak punya visibility terkait end to end behaviour dari customer," ujar Adhiguna saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Senin (28/11/2022).

Baca juga: Menilik Pemanfaatan Teknologi Metaverse bagi UMKM

Menurut Adhiguna, pelaku UMKM bisa mengetahui jumlah orang yang datang ke sebuah toko, jumlah masing-masing pelanggan berdasarkan jenis kelamin, produk yang dibeli, bahkan hingga umur pelanggan melalui teknologi face recognition.

Teknologi face recognition bisa dilakukan dengan penggunaan Closed-circuit television (CCTV) yang didukung oleh aplikasi.

"Itu kan seandainya UMKM bisa memiliki kemampuan itu (face recognition) akan lebih mudah untuk mereka memperkirakan inventorynya berapa banyak, produk apa yang perlu mereka jual atau keluarkan, berapa stocknya, dan lain-lain," tambah Adhiguna yang berpengalaman merancang sistem intelejen di berbagai industri.

"Saat ini, kebanyakan usaha seringkali menjalankan usaha hanya dengan menggunakan feeling atau sistem counting manual," kata pria yang juga mengajar di Swiss German University tersebut.

Menurutnya, upaya penggunaan face recognition bisa dicoba untuk pelaku UMKM. Penggunaan teknologi AI disebut bisa menimbulkan efisiensi dalam menjalankan usaha.

Nodeflux merupakan perusahaan teknologi computer vision asal Indonesia yang sudah banyak berkecimpung di berbagai event dan bekerjasama dengan berbagai lembaga, dan pemerintah.

Berbagai solusi dihadirkan oleh Nodeflux seperti face recognition, penghitung dan klasifikasi kendaraan berdasarkan ukuran dan jenis kendaraan, pendeteksi muka air, dan lainnnya.

Nodeflux juga berpartisipasi dalam pengamanan Asian Games 2018 dan IMF World Bank Group Summit 2018.

Promosikan UMKM Anda dengan beriklan di jaringan Kompas Gramedia lewat Pasangiklan.com. Konsultasikan strategi iklan bisnis Anda bersama tim sales Pasangiklan.com sekarang.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.