Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Ide Bisnis yang Bisa Dicoba Menjelang Imlek, Apa Saja?

Kompas.com - 14/01/2023, 13:15 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Sudah menjadi agenda rutin setiap tahun bagi masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Tionghoa untuk merayakan Tahun Baru Imlek.

Diperingati pula sebagai Chinese New Year, ada banyak hal menarik yang biasanya dilakukan di perayaan tersebut. Beberapa di antaranya adalah pesta atau festival dengan tema adat Tionghoa, pertunjukkan barongsai, dan lain sebagainya.

Di samping itu, tidak jarang pula masyarakat yang merayakan tahun baru Imlek dengan cara berkumpul bersama keluarga besar. Alhasil, hal tersebut membuat mereka perlu melakukan banyak persiapan untuk menyambut perayaan tersebut, misalnya, membersihkan rumah, menyiapkan kue serta hidangan, hingga pakaian khas Imlek.

Secara tidak langsung, hal tersebut juga membuat sejumlah sektor bisnis mengalami lonjakan permintaan. Lantas, bisnis seperti apa yang biasanya laris manis menjelang perayaan Imlek ini?

Nah, jika Anda ingin tahu, simak 6 ide bisnis yang dijamin laris manis saat perayaan Imlek seperti dilansir dari Cermati.com sebagai berikut.

1. Aksesoris Khas Imlek

Ketika merayakan tahun baru Imlek, sudah pasti pernak pernik atau aksesoris dengan tema tersebut laris manis diborong pembeli. Beberapa contoh pernak-pernik yang biasa dijual saat menjelang perayaan tersebut adalah stiker dinding, lampion, aksesoris petasan, dan banyak lagi yang lain.

Yang penting, sesuaikan jenis aksesoris yang dijual sebagai ide bisnis menjelang Imlek memiliki khas serta dominasi warna emas dan merah. Pasalnya, kedua warna ini merupakan pelambangan dari kekayaan, keberuntungan, dan kebahagiaan bagi kaum Tiongkok yang memeriahkan tahun baru tersebut.

2. Pakaian Khas Imlek

Mendekati hari-H, pasti banyak orang yang mencari pakaian dengan ciri khas Imlek. Tak mengherankan pula jika hal tersebut membuat pelaku bisnis dalam bidang fashion turut memanfaatkan momen tersebut untuk memastikan stok pakaian khas Imlek tersedia karena memang mudah dijual menjelang perayaan tahun baru ini.

Terlebih, pakaian yang sering dicari tidak terbatas pada jenis produk khas, misalnya, Cheongsam saja. Akan tetapi, pakaian lain yang kerap dikenakan ketika berkegiatan sehari-hari juga lebih banyak dicari sebagai persiapan untuk perayaan tahun baru Imlek.

3. Dekorasi Bunga

Tidak hanya aksesoris dan pakaian, dekorasi bunga bertemakan Imlek juga pasti banyak dicari. Alasannya karena tidak sedikit orang yang merayakan tahun baru tersebut menghiasi huniannya dengan dekorasi bunga yang bisa disusun atau diletakkan di atas meja.

Namun, perlu dipahami jika tidak semua jenis bunga cocok untuk dijadikan sebagai dekorasi di perayaan khas Tiongkok ini. Beberapa contoh jenis bunga yang tak boleh dilewatkan ketika mendekati waktu perayaan Imlek adalah Bunga Bakung, Krisan, dan Lucky Bamboo.

4. Buah Segar

Berjualan buah segar juga dapat dijadikan sebagai ide bisnis yang menjanjikan jelang Imlek. Dalam acara kumpul keluarga atau semacamnya, tidak jarang buah segar dijadikan sebagai sajian atau hidangan sampingan.

Tentunya, pilih jenis buah segar yang memang identik dengan tema atau nuansa Imlek, seperti, apel, anggur, dan juga jeruk Ponkam. Berbagai jenis buah tersebut juga bisa menjadi alternatif bagi pelanggan yang ingin mengirim hantaran untuk orang terdekatnya.

Baca juga: Perayaan Imlek dari Berbagai Negara di Tengah Pandemi

5. Kue Kering dan Cake

Ide bisnis selanjutnya adalah berbisnis kue kering dan cake. Sebagai perayaan yang umum dilakukan dengan berkumpul bersama orang terdekat, seperti keluarga dan relasi, tak mengherankan jika jajanan seperti ini biasa dijadikan camilan untuk dinikmati.

Tak harus rumit, ada banyak jenis jajanan dan kue kering yang biasa dibeli di perayaan ini. Misalnya, nastar, kue putri salju, kue kacang, dan kastangel merupakan beberapa contoh jajanan favorit banyak orang untuk merayakan suatu acara tertentu.

6. Hampers dan Parsel

Jenis bisnis terakhir yang bisa dijalani dan berpotensi mampu menghasilkan banyak cuan menjelang Imlek adalah parsel dan hampers. 

Ada beragam jenis hampers dan parsel yang bisa disesuaikan dengan tema edisi Imlek, sebagai contoh, hampers dengan isian kue, biskuit, buah, dan sebagainya. Untuk melengkapinya, sisipkan pula kartu ucapan sesuai permintaan pembeli agar bisa dibaca penerima bingkisan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com