Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komunitas Punya Peran Penting dalam Mengembangkan Usaha Tenun Lokal

Kompas.com - 24/01/2023, 08:15 WIB
Gabriela Angelica,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam usaha kerajinan tenun, peran komunitas menjadi salah satu hal penting untuk perkembangannya.

Anggota sekaligus pemimpin komunitas tenun dari Manggarai, Ester Dagomez menyampaikan bahwa hal yang mendasari berkembangnya komunitas tenun di Manggarai, Nusa Tenggara Timur adalah karena komunitas yang dibina oleh pemerintah daerah mereka.

"Jadi, ibu Bupati Manggarai itu juga berperan sebagai ketua Dewan Kerajinan Nasional (DEKRANAS) Kabupaten Manggarai, sehingga para penenun ini menjadi binaan dari kelompok DEKRANAS tersebut," jelas Ester saat acara media gathering Sarinah Duty Free Brand Activation bersama Torajamelo di Sarinah, Jakarta, Kamis (19/1/2023).

Baca juga: Torajamelo Bawa Produk Kain Tenun untuk Sasar Pasar Global

Ester mengakui, dirinya juga gencar turun langsung ke lapangan untuk mengunjungi para penenun.

Hal itu dianggap penting, untuk mengetahui hambatan apa yang dihadapi di tengah komunitas tersebut.

"Saya juga selalu turun langsung ke lapangan untuk mengetahui kondisi dari para penenun. Untuk memulai dari awal itu sangat susah, bahkan banyak menemukan orang-orang yang pada awalnya masa bodo," ujar Ester.

Oleh karena itu, para pemimpin komunitas beserta DEKRANAS selalu berusaha untuk mengubah mindset anggota komunitas, agar lebih menghargai kerajinan tenun.

"Jadi, ibu bupati dan kami selama dua tahun selalu 'naik-turun gunung' istilahnya, untuk mengunjungi dan mengubah mindset mereka (para penenun)," ungkap Ester.

Artinya, produk tenun dapat dijadikan suatu kerajinan yang memiliki nilai tinggi dan mengubah hidup mereka.

Baca juga: Mengurai Tantangan Memasarkan Produk Tenun Lokal

-Gabriella Angelica -

Dalam prosesnya, DEKRANAS akan menyediakan bahan benang untuk ditenun bagi para anggota dengan tujuan mengurangi pengeluaran mereka.

"Kami yang menyediakan benang, setelah diberikan, kami akan lihat uji cobanya dalam beberapa minggu untuk tahu berapa lama mereka selesai menenun. Lalu, kami nantinya akan berikan harga yang pantas," tutur Ester.

Dulu, sebelum adanya pembinaan komunitas, harga produk tenun beserta jasa bagi para penenunnya terhitung rendah.

Baca juga: UMKM Produsen Tenun Baduy Banjir Order saat KTT G20

 

Seperti di Manggarai, Ester mengungkapkan, sebelumnya harga produk tenun berkisar Rp 700 ribu dan itu sudah termasuk untuk mengganti modal mereka membeli benang.

"Pada masa binaan, maka kami akan bayarkan harga yang sama, dengan tambahan bahwa benang berasal dari kami semuanya. Jadi harga tersebut benar-benar untuk membayar atau menghargai jasa mereka," ujar Ester.

Dengan langkah atau cara untuk memulai usaha tenun seperti itu, diharapkan para penenun akan menggeluti bidang tersebut dengan sungguh-sungguh dan melihat potensi usaha yang baik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com