Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Kembangkan UMKM Pandeglang dengan Pendekatan Klaster

Kompas.com - 05/04/2023, 13:28 WIB
Zalafina Safara Nasytha,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kawasan Pandeglang memiliki potensi ekonomi yang besar dan memiliki keunggulan di dalamnya. Hal ini membuat perekonomian daerah tersebut berpeluang untuk dikembangkan dengan pendekatan klaster.

Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM), Yulius menuturkan, ada sejumlah komoditas unggulan yang dihasilkan dari kawasan Pandeglang.

“Potensi ekonomi Kabupaten Pandeglang ini antara lain, talas beneng dan olahan daun rajangan, minyak cengkeh, gula aren, tanaman hias, kelapa dan olahannya, vanili, serta walet,” ujar Yulius dalam keterangan resminya, Rabu (5/4/2023).

Melalui pendekatan klaster, Yulius berharap dapat terjadi sinergi antara proses produksi, pengadaan bahan baku, pemasaran, teknologi, inovasi, serta jalinan hubungan yang kuat dengan para stakeholder.

Kemenkop UKM terus memberikan fasilitas bagi para pelaku UMKM untuk berkembang, seperti memberikan akses pembiayaan melalui KUR dan akses promosi dan pemasaran melalui pameran-pameran hingga ke luar negeri.

Baca juga: MenKopUKM: Pedagang Boleh Jualan Pakaian Bekas Impor hingga Stok Habis

Salah satu yang dilakukan untuk pengembangan tersebut adalah Festival UMKM dan Bazar Ramadhan. Acara tersebut diharapkan dapat membantu perekonomian masyarakat, khususnya di Kabupaten Pandeglang.

Sementara itu, Bupati Pandeglang, Irna Narulita, juga menyediakan akses berupa Mal Pelayanan Publik yang bertujuan membantu pengurusan perizinan dan lainnya sehingga dapat dilakukan dengan efisien, cepat, dan murah,

“Saat ini sudah ada 32 ribu UMKM di Pandeglang yang sudah memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) dan perputaran yang dihasilkan pelaku UMKM mencapai Rp2,1 triliun,” ungkap Irna.

Para pelaku UMKM ini juga didorong untuk tutur mengambil peran dalam ekosistem digital sehingga dapat membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional.

Baca juga: Pemerintah Dorong Sertifikasi Halal UMKM untuk Raih Peluang Pasar Dunia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com