Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tujuan Terkait

6 Tips Sukses Menjalankan Bisnis Restoran

Kompas.com - 22/05/2023, 12:42 WIB

KOMPAS.comBisnis restoran atau tempat makan merupakan salah satu bisnis yang paling diminati, karena ppara pelaku usaha menilai bahwa manusia akan selalu membutuhkan makan setiap harinya.

Apalagi, ada banyak orang yang dengan sengaja memilih untuk makan di luar sesekali, terutama saat weekend, sebagai salah satu momen menghabiskan waktu bersama orang tercinta, seperti keluarga atau teman dekat.

Jika kamu ingin menjalankan bisnis restoran dengan memanfaatkan peluang tersebut, kamu dapat menerapkan tips berikut ini, agar bisnis restoran yang kamu jalankan dapat berjalan sukses.

Baca juga: 4 Kiat Sukses bagi Mantan Chef Restoran Memulai Bisnis Kuliner Pribadi

1. Perbanyak bekal

Sebelum memulai sebuah bisnis restoran dengan tanganmu sendiri, pastikan kamu sudah membawa bekal yang banyak, baik itu ilmu secara teori maupung pengalaman melalui praktik langsung di lapangan.

Menjalankan bisnis restoran tidak berarti kamu harus pandai memasak, melainkan kamu harus memahami betul seluruh aspek yang akan dijalankan. Mulai dari kegiatan di dapur, sistem operasional, manajemen keuangan, dan sebagainya.

Hal tersebut dikarenakan sebagai seorang pemilik restoran, kamu adalah orang yang akan bertanggung jawab penuh atas seluruh aktivitas di dalam restoran, sehingga kamu perlu memahami dengan baik setiap aspek di dalamnya, agar ketika terjadi permasalahan kamu paham bagaimana mengatasinya.

Baca juga: 5 Cara Tepat Kurangi Food Waste Dalam Bisnis Restoran

2. Lakukan riset dan cek kembali target pasar

Setelah memutuskan apa yang akan kamu tawarkan, siapa target pasarnya, berapa banyak biaya yang dibutuhkan sebagai modal, dan bagaimana kamu akan menjalankan restoranmu, kamu perlu melakukan riset terlebih dulu.

Cari tahu apakah ada target pasar yang dituju, seberapa besar minat di pasaran, bagaimana selera dari target pasar, apa yang membuat mereka suka dan tidak suka akan produk yang ditawarkan, apakah ada kompetitor lain serupa atau tidak.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut penting untuk kamu ketahui jawabannya agar nantinya bisnis restoran milikmu dapat melakukan penjualan dengan maksimal.

3. Jangan biarkan pelanggan pergi dengan rasa tidak puas

Kepuasan pelanggan adalah yang terpenting di sini, mulai dari bagaimana kamu memberikan pelayanan hingga rasa dari makanan yang diberikan kepada mereka.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Video rekomendasi
Video lainnya

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com