Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ide Bisnis untuk Pelajar, Bisa Dicoba untuk Cari Pengalaman dan Cuan

Kompas.com - 04/07/2023, 19:00 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Usia muda tak menghalangi untuk memulai berbisnis. Tak perlu takut gagal meskipun kamu masih berstatus gagal. Toh, kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda.

Ada beragam jenis usaha yang bisa dicoba para pelajar di tingkat SMP maupun SMA. Yang terpenting, kewajiban untuk belajar jangan sampai terganggu. 

Dengan mencoba berbisnis, kamu akan memiliki pengalaman jauh lebih banyak sebelum terjun ke dalam bisnis yang lebih serius.

Lalu apa saja bisnis yang bisa dicoba oleh pelajar? Berikut informasinya seperti dirangkum dari Amartha.

1. Menjadi Reseller

Salah satu ide bisnis untuk pelajar SMA yang dapat dicoba adalah reseller. Reseller adalah konsep menjual produk yang diperoleh ke tangan pertama pada konsumen. Kelebihan dari konsep ini adalah, kamu tidak harus repot memikirkan proses produksi.

Baca juga: 8 Cara Menjadi Reseller Sukses

Sebelum memutuskan menjadi seorang reseller, pastikan menentukan produk apa yang ingin dijual. Kamu bisa memilih produk dengan harga terjangkau, umum serta sering digunakan oleh pelajar.

2. Dropshipper

Bila kamu masih berada di bangku SMP, ide bisnis untuk pelajar SMP yang bisa dicoba adalah menjadi dropshipper. Bila menjadi reseller, kamu membutuhkan modal, tetapi ketika menjadi dropshipper, kamu tidak membutuhkan modal tersebut.

Konsep ini sekilas tidak berbeda jauh, bedanya kamu tidak perlu membeli maupun menyetok produk dahulu. Selain itu kamu juga hanya perlu fokus dengan teknik pemasaran karena nantinya supplier yang akan mengurus pengiriman dan pengemasan barang.

3. Bisnis Thrifting

Suasana pasar pakaian bekas di Pasar Karang Sukun Mataram, Jumat (7/5/2023)KOMPAS.COM/IDHAM KHALID Suasana pasar pakaian bekas di Pasar Karang Sukun Mataram, Jumat (7/5/2023)

Ide bisnis modal kecil untuk pelajar yang lainnya adalah menjual barang yang tidak digunakan. Kamu bisa mencari mana saja barang yang sudah tidak digunakan di rumah contohnya dari dalam lemari.

Baca juga: Kisah Miftakhu Khafid, Raup Omzet Belasan Juta Per Bulan dari Bisnis Thrifting

Kemudian, pisahkan mana pakaian yang tidak digunakan, atau sudah kekecilan. Pastikan bila pakaian tersebut masih bagus serta layak digunakan. Bukan hanya pakaian, kamu juga dapat mencari barang yang sudah tidak digunakan seperti action figure yang kamu miliki dahulu.

4. Menjadi Blogger

Jika hobi menulis, kamu bisa mencoba menjadi seorang blogger. Hobi blogging atau menulis di blog bisa berpotensi menghasilkan uang, asalkan banyak menarik minat pembaca.

Baca juga: 5 Strategi Bisnis Ampuh untuk Hadapi Persaingan Era Digital

Ada kesempatan pengiklan bekerjasama jika blog kamu menarik dan banyak dikunjungi pembaca. Selain kesempatan iklan, kamu juga bisa mengasah kemampuan untuk menjadi penulis profesional.

6. Vlogger

Jika blogger berbagi cerita dari tulisan, vlogger berbagi cerita di depan kamera. Kamu dapat berbagi sejumlah hal menarik. Bukan hanya keseharian, kamu bisa membagikan hal menarik lain ketika kamu liburan, atau keahlian yang kamu miliki.

Pendapatan vlogger berasal dari advertorial, iklan serta kerjasama. Namun, selain memiliki kemampuan berbicara di depan kamera, kamu juga harus belajar menggunakan tools editing video sehingga video yang kamu bagi mempunyai transisi yang halus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com