Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Alasan Anda Harus Mulai Membangun Usaha Sendiri

Kompas.com - 27/07/2023, 13:36 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Banyak orang merasa lelah menghabiskan waktu di kantor, bekerja dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore. Hal itu membuat mereka ingin membangun usaha sendiri dan menjadi bos bagi diri sendiri.

Bekerja untuk bisnis sendiri memang memberikan Anda fleksibilitas, bukan hanya soal waktu, tapi juga untuk membuat keputusan dan menjalankan bisnis sesuai keinginan Anda.

Namun demikian, tak banyak yang berani mewujudkan impian itu. Mereka terus menundanya, karena khawatir melepaskan finansial yang stabil yang mereka dapatkan dari bekerja kantoran selama ini.

Baca juga: Tips Sukses Membangun Usaha Mie untuk Pemula

Padahal sebenarnya, ini adalah waktu yang tepat bagi Anda untuk memulai membangun usaha.

Meluncurkan bisnis Anda saat Anda memiliki penghasilan yang stabil, akan memungkinkan Anda untuk mengetahui apakah bisnis Anda dapat menjadi sumber penghasilan utama atau tidak. Ini bisa menjadi perjalanan yang melelahkan, namun sepadan dengan usaha yang dilakukan dan hasil yang akan didapat.

Jika Anda masih ragu untuk memulai usaha, berikut ini beberapa alasan mengapa Anda harus mulai membangun usaha sendiri saat ini.

1. Anda tidak bertambah muda

Banyak orang menunda memulai bisnis mereka sendiri, karena mereka beranggapan bahwa mereka akan melakukannya nanti di usia yang lebih tua.

Mungkin setelah mereka lebih stabil secara finansial atau mungkin setelah anak-anak tumbuh lebih besar.

Masalahnya dengan selalu menunda adalah pada akhirnya hal itu menjadi tujuan yang tidak pasti. Anda memiliki rencana yang samar-samar untuk melakukannya, sehingga akhirnya tidak pernah terwujud.

Jika Anda terus mencari alasan untuk menunda memulai bisnis Anda sendiri, percayalah, tidak akan pernah ada waktu yang tepat.

Jadi, berhentilah menunda dan mulailah. Sekarang adalah waktu terbaik untuk memulai bisnis.

Baca juga: 5 Tips Membangun Usaha bagi Pelaku UMKM Perempuan ala Rachel Vennya

2. Menghasilkan Uang

Pada awalnya Anda mungkin akan merasa sulit untuk menyimpan uang lebih banyak, karena umumnya di tahun pertama keuntungan bisnis yang didapat belum besar.

Selain itu, kalau biasanya, kantor membayar pajak Anda, memberikan asuransi, dan memberikan gaji dengan angka yang jelas setiap bulannya, menjalankan bisnis sendiri membuat Anda harus bertanggung jawab atas segalanya-mulai dari keuangan, pemasaran, hingga menyelesaikan pekerjaan.

Pepatah yang mengatakan-untuk menghasilkan uang, Anda harus mengeluarkan uang, bisa dibilang ada benarnya.

Pasalnya, jika Anda membangun sebuah toko, Anda tentu akan membutuhkan uang untuk membeli inventaris awal dan meluncurkan kampanye pemasaran pertama Anda.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com