Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 3 Manfaat bagi UMKM Membuat Company Profile

Kompas.com - 21/02/2024, 10:58 WIB
Anagatha Kilan Sashikirana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Banyak cara untuk membangun identitas bisnis, salah satunya melalui profil perusahaan (company profile) yang bisa berfungsi untuk memperkenalkan perusahaan kepada calon konsumen serta menggaet kepercayaan mereka.

Company profile membantu bisnis mudah dikenal oleh banyak orang karena isinya yang lengkap menggambarkan perusahaan tersebut.

Informasi dasar yang harus ada di dalam company profile adalah nama bisnis, logo, nomor telepon, alamat, email, serta website atau media sosial. Beberapa hal yang perlu dimasukkan juga adalah visi dan misi perusahaan, sejarah singkat, struktur organisasi dan divisi perusahaan.

Pastikan juga company profile memuat produk yang ditawarkan oleh perusahaan, kualitas produk, harga jual, distributor, dan tampilan atau katalog produk.

Itulah sebabnya company profile sangat berguna untuk memudahkan kegiatan berbisnis.

Company profile layaknya wajah perusahaan sehingga perlu dibuat dengan menarik. Company profile yang baik akan memberi citra positif di mata konsumen, mitra kerja, dan pihak luar lainnya.

Dilansir dari Gramedia.com, berikut adalah manfaat dari company profile bagi pelaku usaha UMKM:

Baca juga: Pentingnya Identitas Digital untuk UMKM dan Ekonomi Digital Indonesia

1. Menjalin koneksi dengan klien

Dalam company profile akan berisi informasi tentang perusahaan. Salah satunya meceritakan sejarah perusahaan, penghargaan atau keunggulan perusahaan, dan apa rencana capaian perusahaan di masa mendapatang. Hal ini akan menciptakan brand story perusahaan Anda.

Dalam berbisnis, brand story dibutuhkan untuk membangun koneksi dengan para klien. Terlebih lagi company profile layaknya salam pengenalan awal antara perusahaan dengan masyarakat luas. Gambaran umum yang dimuat dalam company profile juga berpeluang untuk menawarkan produk, hal ini juga dapat dijadikan strategi untuk mengembangkan bisnis Anda.

2. Media promosi

Company profile juga dapat dijadikan sebagai media promosi untuk bisnis Anda. Informasi di dalam company profile yang lengkap namun dikemas dengan ringkas dapat membantu klien lebih mengenal perusahaan Anda. Brand awareness masyarakat terhadap produk yang Anda tawarkan tentunya akan meningkat.

Apabila masyarakat sudah lebih mengenal dekat tentang perusahaan tersebut, besar kemungkinan mereka akan yakin dan percaya dengan bisnis Anda. Terlebih lagi company profile menampilkan catalog produk, secara langsung maupun tidak langsung klien dapat memilih apa yang menarik minat mereka.

Baca juga: 5 Manfaat Menjalin Networking secara Profesional dalam Membangun Usaha

3. Memberikan karakter perusahaan

Company profile sangat menggambarkan karakter perusahaan. Orisinalitas perusahaan dapat dilihat dari tampilan dan cara penyampaian company profile itu sendiri. Hal ini dapat memberikan kesan terhadap klien mengenai keunikan yang dimiliki oleh perusahaan.

Melalui company profile yang berkarakter ini dapat menarik klien, investor, partner, dan calon karyawan yang merasa cocok dengan nilai perusahaan. Itulah sebabnya company profile penting untuk mengembangkan bisnis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com