Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Manfaat Media Sosial bagi UMKM Anda

Kompas.com - 26/02/2024, 09:05 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Digitalisasi memaksa semua sektor di bumi ini mengalami perubahan. Tak terkecuali pada sektor bisnis atau usaha.

Di zaman serba digital, media sosial cukup memegang peranan penting bagi suatu bisnis. Bahkan, media sosial telah menjadi bagian tak terpisahkan dengan suatu usaha.

Baca juga: 5 Langkah Jitu Pemasaran Bisnis dengan Media Sosial

Tidak hanya sebagai alat untuk berinteraksi sosial, media sosial juga telah membuka pintu baru bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan kehadiran online mereka.

Berikut adalah beberapa manfaat utama media sosial bagi UMKM:

1. Meningkatkan Brand Awareness dan Visibilitas Usaha

Media sosial mempunyai basis pengguna yang sangat besar dan luas. Media sosial dapat digunakan untuk meningkatkan brand awareness dan visibilitas usaha Anda dengan efektif.

Dengan mudah, media sosial dapat membangun kedekatan dengan memberikan kesan positif kepada calon pelanggan dan pelanggan yang berpotensial. Maka dari itu, sangat penting untuk mengelola dan merawat akun media sosial dengan cermat.

UMKM harus aktif dalam membangun hubungan dengan pelanggan. Kesadaran merek tidak hanya berdampak positif pada kebiasaan belanja dan perilaku pembelian pelanggan, tetapi juga memperkuat loyalitas pelanggan.

2. Mudah Berinteraksi Langsung dengan Pelanggan

Media sosial mempunyai banyak fitur yang dapat dimanfaatkan untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan, misal fitur komentar, membalas story, dan pesan langsung.

Hal ini dapat Anda manfaatkan langsung untuk menggaet calon pembeli. Di samping itu, pelanggan juga akan merasa mudah untuk menghubungi Anda.

3. Menekan Pengeluaran Biaya Promosi

Salah satu manfaat utama media sosial bagi UMKM adalah biaya pemasaran yang lebih murah dibandingkan dengan metode pemasaran konvensional.

Pasalnya, untuk membuat akun media sosial dan menjalankannya, Anda tidak mengeluarkan biaya sepeser pun, alias gratis, sehingga bisa membantu Anda menekan pengeluaran biaya promosi.

Dengan strategi pemasaran yang cerdas dan inovatif, UMKM dapat mencapai audiens yang luas dengan biaya yang rendah.

Baca juga: 3 Tips Meningkatkan Engagement Media Sosial untuk Bisnis

4. Meningkatkan Penjualan

Semakin banyak orang terlibat dengan merek usaha Anda dan semakin besar jumlah pengikut, semakin besar pula peluang untuk meningkatkan penjualan produk UMKM Anda.

Peningkatan interaksi seperti jumlah "like", "share", atau rekomendasi konten terjadi di berbagai platform media sosial dan berpotensi meningkatkan penjualan produk dan layanan Anda.

Pelaku UMKM yang menggunakan media sosial sebagai saluran penjualan, perlu menyadari bahwa audiens di platform ini sangat responsif terhadap setiap konten yang disajikan.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com