Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Alasan Pelaku Usaha Harus Punya Rasa Ingin Tahu yang Tinggi

Kompas.com - 04/03/2024, 21:16 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Sumber Forbes

KOMPAS.com - Dalam dunia bisnis, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, bisa memberikan dampak positif bagi pelaku usaha, karena itu berarti mereka selalu ingin memperdalam pemahaman mereka tentang pasar, tren, dan potensi bisnis baru.

Melansir Forbes, Michael Gerber, penulis buku The E-Myth pernah berkata bahwa, kewirausahaan membutuhkan semangat keingintahuan yang tak terkalahkan. Rasa ingin tahu terbukti menjadi hal penting bagi seorang wirausaha.

Senada dengan Gerber, Tate Hackert, presiden dan salah satu pendiri ZayZoon (platform pemberdayaan keuangan untuk departemen SDM usaha kecil), menganggap rasa ingin tahu sebagai pemicu yang mendorong pelaku usaha untuk mengajukan pertanyaan yang menantang status quo dan mendorong batas-batas rasa berpuas diri.

Baca juga: Kenali Sifat Seorang Wirausaha, Apa Kamu Termasuk?

 

Hackert yakin, rasa ingin tahunya memberdayakannya untuk mengejar minatnya, menantang pemikiran konvensional, dan membuka jalan menuju kesuksesan.

Dikutip dari Forbes, berikut beberapa alasan mengapa pelaku usaha perlu memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.

1. Memengaruhi Perjalanan Karier Bisnis

Rasa ingin tahu adalah segalanya bagi seorang wirausaha. Rasa ingin tahu menjadi penggerak di balik percakapan yang baik, memecahkan masalah, dan memiliki pola pikir tentang pertumbuhan bisnis.

Ketiga kualitas tersebut sangat penting untuk seorang pelaku usaha. Menggabungkan rasa ingin tahu dengan tindakan adalah kombinasi yang kuat, yang mengarah pada kesuksesan. Karier bisnis Anda dapat dibangun dengan ketiga kualitas tersebut.

2. Membangkitkan Kreativitas

Keingintahuan adalah tentang menarik benang merah yang muncul, dan memecahkan masalah untuk mencapai hasil yang baik.

Setiap orang memiliki kemampuan yang sama untuk menghubungkan titik-titik dan menarik kesimpulan untuk menjawab suatu persoalan.

Rasa ingin tahu, membantu pelaku usaha untuk membuka cara berpikir dan menimbulkan pemikiran analogis. Pemikiran itu sering disebut sebagai alat yang ampuh untuk membangkitkan kreativitas hingga menciptakan inovasi.

Dengan mengajukan pertanyaan atas setiap hal, akan mendorong para pelaku usaha untuk terus berupaya menemukan metode baru dalam meningkatkan produk atau layanan yang mereka tawarkan.

Hal ini, dapat membuat mereka lebih terbuka terhadap gagasan inovatif dan lebih berani untuk menjajaki hal-hal yang belum pernah dijelajahi sebelumnya.

Baca juga: 6 Karakter Diri yang Harus Dimiliki Pelaku Usaha dalam Membangun Bisnis

3. Mengubah Mindset

Saat kita tidak mengetahui tentang suatu hal dan mendapatkan pelajaran atau pengetahuan baru, hal itu biasanya akan menimbulkan pertanyaan di benak kita. Hal inilah yang akan menciptakan peluang.

Jika kita datang dengan pikiran bahwa kita sudah tahu segalanya, kita secara otomatis menutup mata terhadap informasi baru.

Sebagai pelaku usaha, Anda perlu fleksibel dalam pemikiran untuk melangkah maju. Rasa ingin tahu akan membantu mengubah mindset Anda dalam segala hal.

4. Memengaruhi Lingkungan Kerja

Pelaku usaha yang memiliki rasa ingin tahu yang besar, biasanya akan membudayakan dan mendorong rasa ingin tahu juga ke dalam tim mereka.

Perkuat rasa ingin tahu dengan pertanyaan, “Mengapa?” ketika seseorang sedang menyajikan sesuatu, dorong karyawan dan tim Anda untuk mengeksplorasi lebih dalam.

Ajukan pertanyaan yang membutuhkan mereka untuk menjelajahi benang merah tambahan dan tidak hanya puas dengan detail di permukaan.

Baca juga: 4 Tips Penting buat Gen Z yang Mau Jadi Wirausaha Muda

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com