Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tertarik Membangun Usaha Sendiri? Ketahui 5 Keuntungan Wirausaha

Kompas.com - 13/02/2024, 16:02 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Menjalankan bisnis yang dibangun sendiri tentu akan menghadapi berbagai tantangan. Namun, banyak orang memilih melakukannya, karena beranggapan keuntungan yang akan didapat jauh lebih besar ketimbang kesulitannya.

Terbukti, banyak pelaku usaha yang puas dengan keputusannya membangun usaha.

Alasan paling umum yang membuat seseorang membangun usaha adalah untuk menjadi bos bagi dirinya sendiri. Selain itu, tentu ada beberapa keuntungan lain yang bisa didapat dari membangun usaha sendiri.

Baca juga: 3 Tips Sukses Memulai Bisnis Bagi Wirausaha Penyandang Disabilitas

Berikut ini beberapa keuntungan wirausaha.

1. Punya Kendali

Saat bekerja di perusahaan milik orang lain, sehebat apa pun Anda, tentu tak bisa memiliki kendali penuh terhadap pekerjaan yang dilakukan. Semua harus disesuaikan dengan aturan Perusahaan, bahkan keinginan atasan.

Hal ini seringkali tidak memungkinkan Anda, untuk memaksimalkan pengetahuan dan keterampilan Anda.

Dengan membangun bisnis Anda sendiri, Anda bisa melakukan apa yang Anda inginkan, kapan pun Anda mau.

Anda bisa mengembangkan produk atau layanan yang menurut Anda terbaik. Anda memiliki sistem dan rutinitas yang paling sesuai untuk diri Anda. Dan jika Anda membutuhkan tidur siang di pagi atau sore hari untuk meningkatkan kreativitas dan produktivitas, Anda bisa melakukannya.

2. Kesempatan Menciptakan Inovasi

Organisasi yang sudah mapan dapat menciptakan perubahan dan inovasi yang hebat. Namun, ide-ide baru yang paling baru dan menarik, sering kali justru datang dari pemilik usaha kecil yang berani mengambil risiko sendiri, ketika mereka tidak punya kesempatan mewujudkan ide-ide mereka di tempat kerja mereka sebelumnya.

Banyak ikon bisnis dimulai dengan ide yang telah mengubah dunia. Dari Zuckerberg, Bezos hingga Gates, semuanya memiliki ide kecil yang berubah menjadi kesuksesan besar. Banyak dari para pengusaha ini meluncurkan perusahaan-perusahaan besar mereka berawal dari garasi mereka.

Baca juga: 4 Tips Penting buat Gen Z yang Mau Jadi Wirausaha Muda

3. Fleksibilitas

Menjalankan bisnis menjadi Impian bagi orang-orang yang berharap dapat bekerja dengan waktu yang fleksibel.

Apalagi untuk para perempuan, membangun usaha sendiri dapat mendukungnya untuk lebih leluasa membagi waktu antara keluarga dan karier.

Menurut serangkaian studi kasus yang dilakukan oleh National Women's Business Council, fleksibilitas merupakan faktor utama bagi banyak perempuan yang memutuskan untuk menjadi wirausaha.

Bahkan hasilnya menunjukkan, sepanjang tahun 2014-20129 bisnis yang dimiliki oleh perempuan tumbuh lebih cepat dibandingkan bisnis baru pada umumnya, yaitu 21% per tahun vs 9%.

Selain para perempuan, generasi Milenial dan generasi Z juga dikenal mencari fleksibilitas di tempat kerja mereka, dan menjalankan bisnis tampaknya berjalan baik untuk kebanyakan dari mereka.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com