Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Strategi Pemasaran yang Harus Dipahami Reseller

Kompas.com - 25/03/2024, 11:25 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Pemasaran menjadi salah satu kunci penting untuk mendukung kesuksesan bisnis reseller yang dijalankan. Tanpa adanya strategi pemasaran reseller yang tepat, keberadaan produk-produk yang memiliki kualitas tinggi tentu tidak bisa dikenal calon pelanggan.

Sebagai reseller, tentunya Anda perlu memahami pentingnya teknik pemasaran dalam mendukung penjualan produk.

Sudah jadi reseller dari produk ternama dan punya kualitas mumpuni, tapi penjualan masih seret? Ini bisa jadi, ada strategi pemasaran yang belum diimplementasikan.

Agar bisnis reseller yang dilakukan bisa menghasilkan penjualan yang memuaskan, beberapa strategi pemasaran berikut ini bisa Anda coba terapkan seperti dilansir dari Cermati.com:

1. Gunakan Pemasaran Media Sosial Secara Optimal

Di era digital seperti sekarang ini, media sosial menjelma jadi sebuah alat pemasaran bisnis yang sangat efektif. Sebut saja seperti Facebook, Instagram, Twitter, TikTok dan masih banyak lagi. Semua platform tersebut bisa membantu meningkatkan brand awareness dan juga visibilitas produk.

Oleh sebab itu, Anda perlu menggunakan media sosial secara optimal untuk pemasaran produk. Mulai dari membuat akun media sosial khusus untuk bisnis yang dikembangkan. Kemudian pilih nama akun yang bisa merepresentasikan bisnis tersebut.

Lanjut, buat postingan terkait produk yang dipasarkan secara menarik sekaligus informatif. Pastikan untuk menggunakan gambar yang beresolusi tinggi dan tampilannya pun estetik. Hal ini untuk menonjolkan kelebihan dan keunggulan dari produk tersebut.

Selain digunakan sebagai sarana untuk mempromosikan produk, media sosial juga menjadi sarana untuk berinteraksi lebih dekat dengan pelanggan. Sehingga Anda bisa menjembatani keinginan pelanggan terkait produk reseller yang ditawarkan.

Dengan begitu, Anda bisa membangun kedekatan secara emosional dengan para konsumen serta meningkatkan loyalitas mereka.

2. Bangun Kepercayaan Calon Konsumen dari Ulasan Positif

Ulasan positif yang diberikan oleh para pelanggan bisa menjadi aset yang cukup berharga untuk bisnis.

Biasanya ulasan semacam ini diberikan ketika pelanggan merasa puas dengan produk atau layanan yang telah mereka beli. Sehingga, mereka akan dengan senang hati memberikan ulasan atau membagikan pengalaman positif yang dirasakan.

Untuk itu, pastikan pelanggan yang puas memberikan ulasan secara positif tentang produk tersebut. Kemudian, tampilkan ulasan tersebut di media sosial, laman web bisnis, brosur hingga materi pemasaran produk. Hal ini supaya membantu meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap produk yang ditawarkan.

Kepercayaan yang muncul dari ulasan pelanggan bisa membantu menggaet minat calon konsumen baru. Tak sampai disitu saja, ulasan tersebut juga mampu mendorong jumlah konversi penjualan meningkat.

Pastikan, ulasan yang diberikan berasal dari pelanggan yang nyata bukan rekayasa. Sebab, bisa mengurangi kepercayaan pelanggan dan calon konsumen baru terhadap produk.

Baca juga: 9 Tips Menjadi Reseller Sukses Modal Kecil Bisa untung Besar

3. Berikan Penawaran Promo yang Menarik

Strategi pemasaran selanjutnya yang bisa membantu meningkatkan penjualan bisnis reseller adalah dengan memberikan penawaran khusus. Setiap pembeli pastinya menyukai penawaran yang diberikan secara khusus untuk mereka, misalnya seperti potongan harga, reward dan sebagainya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com