Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Ide Bisnis di Wilayah Pegunungan

Kompas.com - 08/04/2024, 10:12 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Wilayah pegunungan saat ini bukan hanya jadi tujuan wisata favorit tapi juga tujuan untuk menghasilkan cuan, misalnya dengan berbisnis.

Salah satu alasannya tentu karena lingkungan dan udaranya yang masih alami, hal yang jarang ditemui di kawasan perkotaan.

Ditambah lagi ada banyak peluang bisnis menarik yang bisa dikembangkan, mulai dari kuliner hingga objek wisata alam. Hal ini tentunya dipengaruhi oleh kondisi geografis hingga budaya lokal setempat, sehingga peluang bisnisnya yang ada akan sangat menyesuaikan kondisi yang ada di wilayah tersebut.

Tertarik untuk menghasilkan cuan tanpa harus pergi jauh dari tempat tinggal Anda yang berada di wilayah pegunungan? Simak 8ide bisnis menarik berikut ini mungkin bisa Anda coba lakukan, seperti dilansir dari Cermati.com:

1. Kedai Kopi

Kawasan pegunungan sangat identik dengan suhu udaranya yang sejuk cenderung lebih dingin dibanding daerah lainnya. Inilah mengapa sebagian besar masyarakat yang tinggal di kawasan pegunungan suka menikmati minuman hangat, baik teh maupun kopi.

Hal ini tentu bisa jadi ide bisnis yang menarik untuk coba dikembangkan, misalnya dengan membuka kedai kopi. Pastikan untuk membuka kedai kopi di lokasi yang strategis, seperti dekat dengan kawasan pemukiman penduduk, dekat jalan utama, dekat pasar dan sebagainya.

Pemilihan lokasi bisnis yang tepat, menjadi sangat penting. Karena hal tersebut sangat mempengaruhi perkembangan bisnis di masa mendatang. Jadi jangan sampai salah pilih tempat untuk menjadi lokasi bisnis Anda nantinya.

2. Penginapan

Menjadi salah satu destinasi wisata favorit membuat wilayah pegunungan ramai kedatangan pengunjung, baik dari wilayah setempat maupun luar kota. Hal ini membuka peluang bisnis menjanjikan dan cukup menarik untuk dicoba, yakni usaha penginapan.

Jenis penginapannya bisa disesuaikan dengan pasar yang ditargetkan dan kondisi di wilayah pegunungan tersebut. Misalnya homestay untuk para backpacker atau pengunjung dengan budget terbatas.

Berikan layanan terbaik untuk pelanggan dan jangan lupa promosikan di media sosial agar bisa menarik lebih banyak calon pelanggan baru.

3. Kuliner Khas

Ketika berkunjung ke destinasi wisata, pasti akan selalu ada kuliner yang menjadi ciri khas, baik makanan maupun minuman. Kuliner tersebut mungkin saja jarang atau bahkan tak bisa ditemui di tempat lainnya, sehingga membuatnya jadi lebih spesial.

Jika wilayah pegunungan tempat Anda tinggal punya kuliner yang khas, ini bisa jadi ide bisnis untuk dicoba.

Apalagi jika Anda punya skill memasak, maka tak ada salahnya untuk mencoba menghasilkan cuan dari kuliner khas tersebut. Produk kuliner khas yang sudah dibuat bisa dititipkan ke pusat oleh-oleh atau dijual sendiri ke pengunjung secara langsung.

4. Peternakan

Peternakan juga bisa jadi ide bisnis yang cocok untuk di kembangkan di wilayah pegunungan. Apalagi jika Anda memiliki lahan di wilayah pegunungan yang kurang produktif. Hal ini bisa jadi solusi untuk memaksimalkan potensi lahan yang ada agar bisa lebih menghasilkan cuan.

Pastikan lokasi peternakan yang dibuat tidak berdekatan dengan pemukiman warga, karena bisa mengganggu lingkungan. Selain itu, sediakan fasilitas yang memadai agar ternak-ternak yang ada lebih terurus dengan optimal.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan dari Peluang Bisnis Sewa Mobil Offroad

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com