Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pj Bupati Sebut UMKM dan Koperasi Bantu Pulihkan Ekonomi di Cirebon

Kompas.com - 17/07/2024, 16:35 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

CIREBON, KOMPAS.com - Penjabat (Pj) Bupati Cirebon Wahyu Mijaya menyebutkan, keberadaan pelaku UMKM serta koperasi telah berperan cukup signifikan dalam pemulihan ekonomi di Cirebon, Jawa Barat.

Koperasi dan UMKM yang ada di tingkat paling bawah dari masyarakat kecil, sudah menyelamatkan dan turut serta dalam pemulihan ekonomi. Khususnya saat pandemi COVID-19 hingga sekarang,” kata Wahyu di Cirebon, Rabu (17/7/2024) seperti dilansir dari Antara.

Ia menjelaskan koperasi dan UMKM di Kabupaten Cirebon memiliki potensi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi hingga 7 persen pada 2024, karena sebagian besarnya telah mengadaptasi teknologi serta inovasi pemasaran.

Selain itu, lanjut Wahyu, dua sektor ini telah mengembangkan berbagai produk olahan, seperti pengembangan produk rotan, cokelat, garam, bambu, kulit cabai, dan beberapa komoditas lainnya.

Ia menyebutkan berkembangnya koperasi dan UMKM di Cirebon, sejatinya bisa juga membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat.

“Saya optimistis dengan perkembangan teknologi dan strategi pemasaran yang inovatif, koperasi dan UMKM di Cirebon bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Tahun kemarin saja lebih dari 5 persen, bahkan sekarang bisa hingga 7 persen,” ujar Wahyu.

Baca juga: Promosikan Produk Rotan Cirebon, Disperindag Jabar Gelar Pameran

Ia menuturkan saat ini Kabupaten Cirebon memiliki 202.017 UMKM dan 831 koperasi, yang telah membentuk suatu forum. Forum tersebut, kemudian membentuk koperasi.

Pihaknya mendorong agar koperasi di Kabupaten Cirebon terus berkembang dan menggerakkan kegiatan sosial melalui Corporate Social Responsibility (CSR), yang sangat membantu masyarakat.

Sementara untuk UMKM, tambah dia, pihaknya berharap agar setiap pelakunya bisa terus berinovasi dengan memperluas cakupan pemasaran produk.

Wahyu menekankan pihaknya bakal menyediakan pelatihan dan pendampingan rutin bagi pelaku UMKM, agar bisnis mereka bisa berkembang

“Ketika mengikuti perkembangan zaman, maka koperasi dan UMKM bisa meningkatkan ekonomi masyarakat,” ucap Wahyu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau