Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisnis Kerajinan Ingin Jalin Kerjasama B2B? Ini Tipsnya

Kompas.com - 15/10/2024, 18:03 WIB
Anagatha Kilan Sashikirana,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nena Collection adalah brand lokal asal Bantul, Yogyakarta yang menjual kerajinan kain jahit seperti baju, dekorasi rumah, kerajinan tas, dompet, hingga aksesoris.

Berdiri sejak tahun 2000, founder Nena Collection, Erna Zurnimawati (51) telah mempekerjakan 15 ibu-ibu sekitar rumahnya dan turut memberdayakan disabilitas. Dalam sehari, kapasitas produksi Nena Collection bisa sampai ratusan pieces. Bahkan pernah ada orderan masuk 600 tas dan berhasil diproduksi dalam satu minggu.

Bisnis kerajinan kain jahitnya kini berkomitmen zero waste atau mengurangi limbah dengan memanfaatkan sisa kain perca untuk diolah menjadi produk baru. Bahkan, kini produk-produk Nena Collection sudah ekspor ke Jepang meskipun belum ekspor secara langsung.

Baca juga: Tips Jalin Kerjasama Bisnis B2B dengan Hotel dan Kafe

Dalam perjalanan bisnisnya tepatnya saat memasuki tahun 2002, Nena Collection mulai berkembang dan banyak orderan yang masuk. Usut punya usut, Nena Collection memasukkan produknya ke toko-toko souvenir dan tak disangka ternyata produk kerajinan kain mereka justru laris manis di toko souvenir.

Melalui permintaan toko yang terus masuk orderan, akhirnya mereka membuat beragam model-model baru. Jadi sampai hari ini produk yang di supply bukan berdasarkan penawaran Nena Collection, tapi berdasarkan permintaan toko yang bersangkutan.

Mengenai kerja sama Business To Business (B2B) ini, kepada Kompas.com Erna membagikan tips jalin kerja sama B2B untuk bisnis kerajinan khususnya jika ingin kerja sama dengan toko souvenir.

1. Penuhi Permintaan Toko

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa Nena Collection dalam memasok produk ke toko lebih sering memenuhi permintaan toko tersebut sehingga berdasarkan orderan. 

Baca juga: 4 Tips Membangun Merek yang Kuat untuk Bisnis

Nena Collection telah bekerja sama dengan banyak toko souvenir di berbagai daerah. Terlebih lagi, produk Nena Collection menjadi alternatif oleh-oleh di berbagai kota.

Mulai dari Solo, Jogja, Cirebon, hingga Jakarta, tentunya tiap daerah memiliki preferensi masing-masing dari segi produk oleh-oleh. Model yang mereka minta juga berbeda-beda sehingga Nena Collection berusaha memenuhi permintaan masing-masing toko.

Tak hanya itu, Erna juga jalin kerja sama dengan instansi-instansi. Banyak dari mereka yang mengadakan seminar dan membutuhkan pasokan barang merchandise dengan model khusus.

Oleh karena itu, salah satu tips agar kerja sama Business to Business antara bisnis kerajinan dengan toko souvenir dapat berjalan dengan baik adalah coba untuk penuhi permintaan toko. Bagaimana pun, pihak toko lebih tahu produk dengan model seperti apa yang paling banyak di beli di toko atau di daerah tersebut.

"Iya, ada B2B-nya juga sampai sekarang masih berjalan. Produknya kami supply ke toko-toko souvenir, produk yang dibikin sudah banyak sekali dan itu orderannya berdasarkan permintaan mereka," kata Erna.

Baca juga: Tips untuk Pelaku Usaha Sebelum Merekrut Pekerja Disabilitas

2. Fokus Dengan Bisnis Sendiri

Istiqomah dalam usaha sendiri dan jangan lihat rumput tetangga lebih hijau, itulah kata Erna. Dalam jalin Business to Business, Erna memiliki komitmen untuk terus fokus mengembangkan usaha sendiri. Pantang baginya untuk menengok kanan kiri usaha lain dan tergiur untuk berganti-ganti usaha.

Menurutnya, dengan begitu ia dapat fokus mengembangkan satu usahanya, kemudian bisa menciptakan sesuatu yang lebih.

"Dengan fokus istiqomah di usaha sendiri itu bisa menciptakan sesuatu yang lebih. Di sini lebih itu maksudnya lebih unik, lebih khas, lebih berkualitas," ujar Erna.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau