Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perjuangan Erna Rintis Bisnis Kerajinan Kain Jahit, Sempat Hancur karena Gempa Yogyakarta

Kompas.com - 14/10/2024, 17:00 WIB
Anagatha Kilan Sashikirana,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Erna Zurnimawati (51), founder Nena Collection bercerita perjalanannya berbisnis kerajinan kain jahit mulai dari baju, dekorasi rumah, kerajinan tas, dompet, hingga aksesoris.sejak tahun 2000.

Erna telah mengalami pasang surut bisnis, tetapi kini ia merasakan buah manis dari hasil jerih payahnya. Nena Collection sukses mempekerjakan ibu-ibu rumah tangga hingga mengekspor ke Jepang kerajinan kain jahit.

Bantul, Yogjakarta menjadi saksi perjuangannya membangun Nena Collection. Pertama kali usaha ini dibentuk karena ada tetangga Erna yang pandai menjahit. Meskipun pada saat itu Erna masih bekerja di tempat lain, tetapi ia melihat ada potensi dari hobi menjahit para tetangganya ini.

Baca juga: Cerita Syarif Bisnis Kerajinan Kerang dan Menjadi Agregator Ekspor

Awal Mula Nena Collection

Menurut Erna, menjahit sarung bantal adalah langkah awal yang mudah untuk dijadikan peluang bisnis, karena sarung bantal hanya berbetntuk kotak. Akhirnya, Erna memutuskan untuk mengajak tetangganya untuk bekerja bersama berbisnis produk kerajinan kain, dimulai dari sarung bantal dengan bordiran.

"Kebetulan tetangga pintar bordir, tapi selama ini hanya mengerjakan itu-itu saja. Terus kami bergabung untuk produksi bersama-bareng yang mudah saja seperti sarung bantal, tetangga-tetangga itulah yang jadi tenaga kerja. Waktu itu saya masih bekerja, jadi bisnis jahitan ini kerja sambilan,” ujar Erna.

Setelah itu, Erna mulai memasukkan produk-produknya ke toko suvenir. Tak disangka-sangka, Erna mengaku di toko suvenir tersebut ternyata produknya laris manis. Berbagai permintaan untuk jenis produk lain seperti gorden, ada tutup kulkas, tudung saji dan lain sebagainya kemudian mulai berdatangan.

Baca juga: Ini Alasan Mengapa Kamu Perlu Mencoba Bisnis Kerajinan, Hobi Jadi Cuan

Namun, pada awal berkembangnya bisnis ini justru ada sedikit kendala. Erna mengatakan awal-awal kondisinya masih kacau karena para ibu rumah tangga ini masih belum terbiasa menyesuaikan kegiatan mereka.

Seperti realita ibu-ibu rumah tangga pada umumnya yang memiliki banyak agenda, ada saja pekerja yang menngajukan libur karena ingin arisan, kondangan, atau ada hajatan. Sementara di sisi lain, pesanan yang masuk membutuhkan tenaga penjahit untuk dikerjakan.

"Pertama kacau ada pesanan banyak, tahu-tahu ibu-ibunya pada libur. Tapi seiring berjalannya waktu, dengan saya banyak menerima pendampingan pola pikir-nya mulai diubah. Jadi mindset-nya sekarang justru memberdayakan mereka, diperbanyak orangnya yang diajak. Jadi pada saat ada pesanan banyak, yang bergerak itu juga banyak,” cerita Erna.

Memasuki tahun 2002, Nena Collection mulai berkembang dan banyak orderan yang masuk. Melalui permintaan toko, mereka membuat model-model baru. Jadi sampai hari ini produk yang di supply bukan berdasarkan penawaran Nena Collection, tapi berdasarkan permintaan toko yang bersangkutan.

Produk kerajinan kain Nena CollectionKompas.com - Anagatha Kilan Sashikirana Produk kerajinan kain Nena Collection

Baca juga: Cerita Heiriyah Merintis Bisnis Kerajinan Trois Art, Bermula dari Hobi

Sempat Hancur Karena Gempa Yogyakarta 2006

Tak ada yang tahu kapan datangnya musibah. Begitupun Erna. Tahun 2006 mungkin menjadi trauma besar bagi masyarakat Yogyakarta karena gempa bumi yang berpusat di Bantul. Banyak korban jiwa berjatuhan dan meruntuhkan bangunan sekitar. Kehancuran besar terjadi pada tahun tersebut.

Erna yang juga berasal dari Bantul tentu terdampak dengan peristiwa ini. Rumahnya habis rata dengan tanah, dana yang ia miliki terpaksa dikuras habis-habisan untuk membangun rumah. Erna kembali memulai semuanya dari titik nol.

Meskipun demikian, harapan masih terlihat begitu Erna menyadari bahwa ia tidak sendiri membangun semua ini dari awal. Syukurnya, Erna memiliki karyawan yang setia. Meskipun rumah mereka pun ambruk, namun tak butuh waktu lama mereka berusaha mengembalikan keadaan.

Dalam waktu dua minggu saja, Nena Collection kembali mulai berproduksi. Dengan keterbatasan modal dan mengumpulkan sisa-sisa kain yang ada, mereka mulai membuat produk jahitan baru yaitu perca.

"Saya mulai dari nol lagi. Kebetulan karyawannya itu setia semua jadi tim kami masih ada. Dari sisa-sisa kain perca yang ada, kami justru menciptakan produk-produk baru dengan bahan-bahan sisa itu. Yang penting bisa bergerak lagi," paparnya.

Baca juga: Bosan Kerja di Jakarta, Astaria Rintis Bisnis Kerajinan Eceng Gondok

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau