Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkab Serang Siapkan Sentra 12 Motif Batik Kabupaten Serang

Kompas.com - 02/10/2024, 13:00 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

Sumber Antara

SERANG, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang menyiapkan sentra 12 motif batik Kabupaten Serang sebagai wadah untuk pemasaran dan memfasilitasi para perajin batik.

Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian dan SDA Setda Kabupaten Serang, Febrian Ripera, mengatakan sudah mengajukan tempat sentra batik tepatnya di sebelah ruangan Bagian Perekonomian yang akan dikelola oleh Dekranasda atau Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Serang.

"Mengingat ada sebanyak 60 pengrajin batik di Kabupaten Serang, selain batik, akan menyediakan produk-produk UMKM juga," kata Febrian seperti dilansir dari Antara.

Perajin batik di Kabupaten Serang yang memproduksi batik ada di tiga kecamatan yaitu Kramatwatu, Tunjung Teja, dan Cikeusal.

"Kami akan beri pilihan jika ada yang ingin memesan dari perajin mana, mau dari Kecamatan Kramatwatu, Tunjung Teja, atau lainnya," katanya.

Semua itu dilakukan, karena untuk pemasaran merupakan tugas Pemda. Karena saat tim melakukan kunjungan ke Pemkab Pekalongan saat mengadakan kegiatan untuk membuka jaringan pemasaran batiknya.

"Adapun regulasinya 30 persen tempat komersil wajib menyediakan penjualan atau pemasaran UMKM merupakan kewajiban baik BUMD maupun pihak swasta," terang Febrian.

Baca juga: 40 Pelaku UMKM di Serang Dibekali Ilmu Pemasaran Digital dan Ekspor

Di samping itu, pihaknya pun mencanangkan melakukan MoU (Memorandum of Understanding) atau nota kesepahaman dengan pihak perhotelan yang pernah dicanangkan juga oleh Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) untuk memasarkan produk batik khas kabupaten serang di perhotelan.

"Harus ada anggaran agar bisa dilakukan untuk pembayarannya secara langsung. Seperti hotel di etalase batik itu harus tersedia 10 atau 20 batik yang harus dilakukan langsung untuk pembayaran batiknya. Berbeda kalau UMKM, contoh di kamar disediakan sediakan makanan dengan harga terjangkau, namun biayanya dibebankan dari sewa kamar," ungkapnya.

Sekadar diketahui, 12 motif khas Kabupaten Serang terdiri dari motif bendungan pamarayan, gandaria/jatake, gerabah bumi jaya, karang bolong, mercusuar cikoneng, burung paok pancawarna dan jamblang, pencak silat dan golok, pulau sangiang, rawa danau dan elang jawa, buah jamblang, pulau tunda, dan pencak silat ornamen gerabah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau