Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seminar Bisnis Parfum Digelar 12-13 November di Central Park

Kompas.com - 16/10/2024, 21:00 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Seminar bisnis parfum bertajuk "The Timeless Journey: Origin & Evolution of Perfumery" akan diadakan pada 12-13 November 2024 di Central Park Mall, Jakarta. 

Seminar tersebut akan menghadirkan perfumer senior asal Paris, Bérengère Bourgarel. Bérengère Bourgarel adalah salah satu maestro di balik seni dan ilmu penciptaan parfum kelas dunia.

Dalam seminar tersebut, Bérengère Bourgarel akan berbagi rahasia di balik parfum kelas dunia. Bérengère telah menguasai seni meramu aroma yang mampu menginspirasi, memikat, dan mengekspresikan kepribadian dan memiliki pengalaman luas di berbagai perusahaan parfum ternama.

Di Indonesia, meskipun kekayaan alam dan budaya mendukung potensi besar dalam industri wewangian, profesi perfumer masih tergolong langka.

Tantangan utama yang dihadapi adalah keterbatasan talenta lokal dalam bidang perfumery. Untuk bersaing di pasar global, pengembangan profesi perfumer lokal menjadi krusial.

Baca juga: 4 Alasan Mengapa Harus Memulai Bisnis Parfum

Wadah edukasi di bawah naungan PT Mulia Aroma Indonesia (Mulia Aroma), Mulia Origin melihat perlunya memperkuat posisi industri parfum lokal melalui edukasi yang komprehensif. Pasalnya, profesi perfumer yang matang sangat penting untuk menopang industri wewangian yang kompetitif di tingkat global.

“Salah satu tujuan kami adalah mengedukasi dan mencetak perfumer-perfumer lokal yang tidak hanya memahami seni meracik wewangian, tetapi juga memiliki kemampuan teknis dan kreatif yang dibutuhkan untuk bersaing di pasar internasional,” ujar Erick Chua, CEO Mulia Aroma Indonesia.

Seminar "The Timeless Journey: Origin & Evolution of Perfumery" tak  hanya memberikan materi parfum, melainkan sebuah langkah awal untuk memperkuat posisi industri parfum Indonesia.

Seminar ini menjadi wadah yang ideal bagi para calon perfumer, pengusaha UMKM, serta pencinta wewangian untuk saling terkoneksi dan bertukar ilmu.

Selain mendapatkan wawasan dari perfumer berpengalaman, peserta juga akan belajar langsung mengenai teknik pencampuran bahan baku parfum, strategi pemasaran, hingga cara mengembangkan bisnis di industri wewangian.

Seminar yang turut menghadirkan masterclass perfumer Paris ini akan membuka jalan bagi para pelaku UMKM untuk tumbuh dan berkembang, sekaligus memperkenalkan lebih banyak produk wewangian lokal yang memiliki nilai budaya tinggi.

Melalui seminar ini, Erick Chua berharap semakin banyak perfumer berbakat lahir di Indonesia, yang mampu membawa kreasi parfum lokal ke panggung global.

"Kami percaya, seminar ini adalah awal dari perjalanan tanpa batas menuju masa depan industri parfum Indonesia yang lebih matang dan profesional. Sehingga, diharapkan kedepannya kami mampu membantu mencetakkan profesi perfumer nasional yang setara dengan standar global," ujar Erick.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran seminar, kunjungi situs resmi Mulia Aroma Indonesia atau media sosial Instagram @muliaaroma.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau