Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahap Akhir, #ONPRENEURSHIP Mencari Jagoan Lokal Sehat Sisakan 30 UMKM Terpilih

Kompas.com - 29/12/2021, 20:15 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Program #ONPreneurship Mencari Jagoan Lokal Sehat yang diadakan oleh Bank OCBC NISP bersama KG Media telah sampai pada fase terakhir, yaitu Bootcamp.

Dari 1.500 Jagoan Lokal yang tergabung sejak awal, kini tersisa 30 UMKM terpilih mengikuti fase Bootcamp, dan semakin dekat dengan modal usaha total Rp 75 Juta.

Di fase Bootcamp, 30 UMKM mengikuti empat kelas wajib, yaitu Financial FIT, Branding FIT, Marketing FIT, dan Digital FIT.

Baca juga: OCBC NISP dan KG Media Cari UMKM Jagoan Lokal Lewat Program #ONPreneurship

Bootcamp pertama yakni Financial FIT pada 3 Desember 2021 menghadirkan Executive Vice President National Network Head Bank OCBC NISP, Jenny Hartanto.

Bootcamp kedua yakni Branding FIT pada 7 Desember 2021 menghadirkan Creative Storyteller & CEO M Bloc, Handoko Hendroyono yang berbagi ilmu mengenai peran storytelling dan sharing dalam membangun brand dan memasarkan produk UMKM.

Selanjutnya, Bootcamp ketiga pada 10 Desember 2021, para UMKM Jagoan Lokal mendapatkan kesempatan untuk menambah ilmu terkait value proposition dan marketing action plan bersama Chief Marketing Officer KG Media Dian Gemiano dalam kelas Marketing FIT.

Dian Gemiano menjelaskan bahwa pebisnis harus dapat mengidentifikasi dan merumuskan value proposition statement agar konsumen dapat melihat keunikan dari produk yang ditawarkan.

“Penting bagi UMKM untuk mengkomunikasikan bahwa produk yang dijual adalah solusi bagi permasalahan dan kebutuhan konsumen. Hal inilah yang akan menjadi sumber kekuatan bagi UMKM untuk bersaing dan memasarkan produknya. Marketing akan terbantu jika brand punya karakter kuat dan memiliki desain yang baik.”

Setelah kelas Marketing FIT, para UMKM Jagoan Lokal mengikuti Bootcamp terakhir, yaitu Digital FIT pada tanggal 14 Desember bersama Co-founder & CTO of WomenWorks Fransiska PW Hadiwidjana.

Dalam kelas tersebut, Fransiska PW Hadiwidjana memberikan insight mengenai consumer behaviour dalam melakukan pembelian produk di era digital dan bagaimana memanfaatkan digital business tools untuk memasarkan bisnis dan produknya. Mulai dari email marketing, search engine optimization (SEO), hingga social media advertising.

Baca juga: Kaleidoskop 2021: Tahun Penuh Harapan bagi Pelaku UMKM

“Media digital mempermudah konsumen untuk mendapatkan informasi mengenai produk, namun hal ini juga menjadi tantangan untuk mempertahankan image yang baik. Saat ini customer dapat dengan mudah mencari tahu lebih awal mengenai bisnis kita, baik dari sisi produk, layanan, bahkan komitmen lainnya diluar produk dan layanan. Jadi, itulah mengapa penting untuk memiliki image yang baik di media digital.”

Informasi lebih lanjut terkait program #ONPreneurship Mencari Jagoan Lokal Sehat dapat mengunjungi akun Instagram @ONMelajuJauh atau webiste kitabangkit.id/onpreneurship atau hubungi e-mail onpreneurship.jagoanlokalsehat@gmail.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com