Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

60 UMKM Lombok DIlibatkan dalam Event MotoGP

Kompas.com - 20/01/2022, 16:10 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Puluhan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dipersiapkan untuk ikut serta dalam bazar menyambut MotoGP di kawasan Sirkuit Pertamina Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah.

Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Usaha Kecil Menengah Kota Mataram Dedi Supriadi di Mataram, Kamis, mengatakan, pelaku UMKM yang disiapkan terlibat dalam bazar menyambut MotoGP sekitar 60 orang.

"Jumlah itu meningkat dua kali lipat dibandingkan saat UMKM dilibatkan menyambut World Superbike (WSBK) 19-21 November 2021 yang hanya 20 pelaku UMKM," katanya sebagaimana dikutip dari Antara, Kamis (20/1/2022).

Baca juga: Kampus akan Dijadikan Inkubator Bisnis menggantikan Pendampingan Konvensional

Dedi yang didampingi Kepala Bidang UMKM setempat Mamluatul Chair mengatakan, untuk UMKM yang akan dilibatkan saat ini masih dalam tahap pendataan.

Namun sesuai dengan hasil koordinasi dengan Pemerintah Provinsi NTB, menetapkan pelaku UMKM yang akan dilibatkan ditentukan 80 persen dari kuota merupakan UMKM hasil olahan pangan atau kuliner.

"Sedangkan 20 persennya diambil dari pelaku UMKM kerajinan dan pakaian," katanya.

Untuk pelaku UMKM hasil kerajinan ini di antaranya akan melibatkan pengrajin mutiara, emas dan perak. Sedangkan untuk pakaian dilibatkan pelaku usaha tenun, kain Sasambo dan pakaian khas yang bisa menjadi oleh-oleh penonton.

"Hasil kerajinan cukli, kemungkinan tidak dilibatkan sebab jika melihat pengalaman saat WSBK yang lebih dicari penonton dan tamu adalah makanan, kerajinan mutiara, serta pakaian yang bisa dijadikan buah tangan," katanya.

Sementara itu, lanjutnya, pelaku UMKM pangan olahan atau kuliner yang akan diikutsertakan dalam bazar menyambut MotoGP adalah UMKM yang sudah legal produk.

Baca juga: Cara Memilih Lokasi bagi Kamu yang Ingin Bisnis Kuliner

"Selain itu, pelaku UMKM diprioritaskan ikut serta memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kota Mataram, sebab ada juga pelaku UMKM di Mataram tapi ber-KTP luar kota," ujarnya.

Terkait dengan itu, saat ini pihaknya sedang melakukan pendataan sambil memberikan sosialisasi kepada pelaku UMKM agar mempersiapkan diri, agar bisa ikut serta dalam kegiatan bazar menyambut MotoGP dengan jumlah penonton diprediksi mencapai 70.000 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com